pulsa-logo

Olah Data BlackBerry via Browser Komputer


Pulsa Official

Jum'at, 04 Mei 2012 • 13:37

blackberry, browser komputer, aplikasi, via pc, tabloid pulsa


Ilustrasi / IstIlustrasi / Ist

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengolah data yang tersimpan di dalam BlackBerry Anda. Bisa memanfaatkanfile manager bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga, Bisa juga dengan menghubungkannya ke komputer menggunakan kabel data dalam mode mass storage.

Untuk mengolah data sebatas memindahkan file dari satu direktori ke direktori lainnya dalam BlackBerry, menyalin (copy), menghapus atau membuat folder baru Anda bisa hanya menggunakan BlackBerry saja tanpa bantuan komputer. Tapi untuk hal lain misalnya memindahkan data dari BlackBerry Anda ke komputer atau sebaliknya, Anda tentu harus menghubungkan kedua perangkat Anda tersebut.

Jika menggunakan kabel data merepotkan Anda, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat koneksi antara BlackBerry dan komputer yaitu dengan memanfaatkan hubungan nirkabel wifi. Berikut salah satu caranya.

Pengunduhan dan Instalasi FileScout

1. Kali ini Anda memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama FileScout. Di App World, aplikasi buatan Matthias Marquardt dari emacberry.com ini dibanderol seharga $3.99. Anda juga bisa mencoba aplikasi ini selama 14 hari secara gratis dengan memilih free trial. Tunggu hingga aplikasi selesai diunduh dan diinstal.



2. Klik Yes pada tampilan seperti ini, lalu simpan pengaturan Application Permission dengan menekan Save pada tampilan berikutnya.

3. FileScout juga merupakan salah satu BBM Connected App yang harus dihubungkan ke BlackBerry Messenger. Klik connect.

4. Pertama kali dijalankan, aplikasi akan meminta Anda untuk memilih, menggunakan versi  lengkap, trial atau lite.

5. Aplikasi FileScout siap digunakan

Instalasi Plugin

Sebelum dapat menggunakan fungsi file manager melalui Browser di PC, Anda harus menginstal plugin secara OTA (over the air). Plugin ini tidak disertakan pada file instalasi untuk mengurangi ukuran filenya. Caranya:

1. Tekan tombol menu, pilih Options

2. Pilih WiFi Sharing Options

3. Klik Install Plugin OTA

4. BlackBerry Anda secara otomatis akan membuka aplikasi Browser dan menuju sebuah situs untuk menginstal plugin yang dibutuhkan dari sana. Klik tulisan “Click here to install/update your current File Scout…”

5. Klik Download, untuk menguduh file instalasi plugin.

6. Klik Yes, untuk mengizinkan instalasi.

7. Pilih Save, untuk menyimpan pengaturan Application Permission

8. Tunggu hingga plugin selesai diunduh dan terinstall secara otomatis.

Pengaturan dan Penggunaan

1. Untuk menjalankan fungsi file manager melalui browser, pastikan BlackBerry Anda terhubung ke jaringan wifi yang sama dengan komputer Anda.

2. Jalankan aplikasi FileScout.

3. Tekan tombol menu, klik Start WiFi Server

4. Aplikasi akan menampilkan URL yang harus Anda masukkan ke alamat web browser Anda.

5. Jalankan web browser pada komputer Anda, masukkan URL yang tertampil pada layar BlackBerry ke address bar browser.

6. Untuk mengambil data dari BlackBerry, buka directory tempat Anda menyimpan file, klik pada file yang diinginkan, pilih tempat menyimpan file di komputer, klik Save.

7. Untuk memasukkan file ke BlackBerry, buka directory yang diinginkan, pilih file yang diinginkan, klik open, kemudian klik upload.

8. Jika telah selesai menggunakan file manager via browser ini, tekan tombol menu, pilih Stop WiFi Server pada BlackBerry.

9. Anda juga dapat memilih Show Host URL untuk menampilkan kembali alamat URL yang perlu dimasukkan ke address bar browser.

Selain menggunakan browser pada komputer, fungsi yang sama juga dapat dilakukan pada browser perangkat lain yang memiliki rowser dan terhubung pada jaringan yang sama dengan BlackBerry Anda. Selamat mencoba. (anz)