pulsa-logo

Cara Cepat Menyalin Dengan NoteBloc


Aldrin Symu

Kamis, 21 Maret 2019 • 15:32

notebloc


Saling catatan dengan Notebloc (Notebloc)Saling catatan dengan Notebloc (Notebloc)

Ingin menyalin catatan guru atau dosen? Atau mengcopy catatan teman? Hemat waktumu dengan menggunakan aplikasi NoteBloc. Cara kerjanya seperti mesin fotocopy atau scanner, namun kualitas yang dihasilkan lebih baik. Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan catatan dan membagikannya dengan teman.

Dengan menggunakan Notebloc, Anda dapat menscan tulisan tangan. Pindahkan tulisan ke dalam bentuk dokumen digital (pdf atau gambar). Aplikasi ini juga dapat mendeteksi bagian yang tidak diperlukan dan memberikan rekomendasi potongan serta sudut terbaik. Tentunya, file yang dihasilkan memiliki kualitas baik dengan ketajaman gambar yang cukup memuaskan. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, setelah didownload dari Google Play Store dan dibuka, aplikasi akan meminta ijin akses ke foto, media dan file. Pilih saja izinkan. Yang sebaiknya pertama kali dilakukan adalah masuk ke pengaturan sebelum melakukan aksi pengambilan dokumen.

Pengaturan pindai menyediakan resolusi (ubah ke resolusi tinggi), kualitas gambar (pilih tinggi), pengaturan tanggal (karena default tanggal tidak disertakan, sebaiknya pilih penanggalan yang umum digunakan).

Pada dasarnya semua fitur pada aplikasi dapat digunakan tanpa batasan. Hanya saja pada versi gratis ini iklan akan selalu muncul pada layar bagian bawah. Bila tertarik aplikasi ini dapat dibeli seharga Rp 51 ribu.


Pada pemindaian menggunakan kamera, aplikasi akan meminta pilihan kamera yang digunakan bila Anda mempunyai beberapa pilihan aplikasi untuk pemotretan. Setelah pengambilan foto, aplikasi akan menampilkan garis dan titik hijau sebagai pembatas dan pengatur. Disini Anda dapat mengatur image dengan menggeser kesemua titik agar teks dapat terlihat dengan lebih baik. Garis dan titik hijau merupakan bagian yang nantinya digunakan. Sedangkan selebihnya akan dihilangkan. Anda juga dapat memanfaat beberapa tools yang tersedia dibagian bawah layar seperti memutar image dan memusatkan fokus. Bila sudah selesai, klik tanda centang.

Hasil dari pemotongan masih dapat diatur atau dipilih, apakah Anda ingin menampilkannya dalam format asli, format foto, format dokumen ataukah format NoteBloc yang sudah dioptimasi. Anda dapat mengaktifkan atau menggeser tombol hitam di kanan atas. Tujuannya, bila pindai itu hanya memfokuskan pada teks atau kata, maka teks atau kata akan lebih jelas dan terang. Klik centang bila sudah selesai.

Langkah selanjutnya adalah mengeksport atau berbagi. Aplikasi ini menyediakan alat untuk langsung mengirimkannya lewat email, mencetak ke printer, menyimpan ke galeri (default masih disimpan pada folder aplikasi), ataukah simpan ke penyimpanan. Berkas tadi juga dapat disimpan dalam 2 format pilihan, yaitu pdf atau jpg (image).

Bila ingin disimpan ke format pdf, aplikasi masih menyediakan pengaturan tambahan terkait ukuran halaman, orientasi halaman dan skala gambar. Artinya, atur sesuai kebutuhan Anda. Ukuran halaman akan menyesuaikan gambar dengan ukuran yang nantinya berhubungan dengan pencetakan.

Ada baiknya juga setiap pengambilan gambar ditambahkan judul dan deskripsi (berupa catatan tambahan). Tujuannya bila Anda melakukan salinan atau langsung berbagi, hasil pindai ini dilengkapi keterangan yang mungkin dibutuhkan.

Fitur yang sangat menarik pada aplikasi ini adalah OCR (optical character recognition). Bila biasanya pada PC/laptop, aplikasi OCR merupakan aplikasi berbayar yang cukup mahal, namun pada aplikasi ini, Anda dapat memanfaatkannya secara gratis. Sebagai contoh adalah hasil pemindaian tadi, saat diaktifkan dengan fitur OCR (abaikan pemilihan bahasa, karena bahasa Indonesia tidak tersedia), maka teks yang ada pada gambar akan terlihat dan dapat dicopy paste ke email langsung atau ke aplikasi lainnya. Inilah sebabnya aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mereka yang belajar dan malas untuk mengetik kata demi kata. Cukup di potret dan teks dapat dipindah ke aplikasi notepad misalnya.

Sebagai tambahan, bila Anda ingin berbagi dalam format lainnya, aplikasi menyediakan pengubah ukuran mulai dari aktual, medium, kecil hingga terkecil. Sehingga saat berbagi, ukuran file bisa lebih ditekan ke minimal. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pencetakan langsung ke printer secara wireless jika Anda punya printer wireless tentunya.

Semoga bermanfaat.