pulsa-logo

Tak Ada Instagram, PicStory Pun Jadi


Pulsa Official

Selasa, 22 Mei 2012 • 11:52


Pengguna Android punya mainan baru, aplikasi sejenis jejaring sosial berbasis fotografi bernama Instagram. Sebagian dari Anda tentu mengenal atau setidaknya pernah mendengar tentang kesuksesan aplikasi ini pada platform iOS. Di hari pertamanya untuk perangkat Android, Instagram bahkan langsung menyentuh angka 1 juta download.

 Aplikasi ini sejatinya memfasilitasi pengguna smartphone yang juga memiliki ketertarikan pada bidang mobile photography. Dimana penggunanya dapat saling berbagi foto yang ditangkap lensa kamera smartphone-nya ke sebuah komunitas jejaring sosial.

Sepertinya cukup menceritakan Instagram yang sampai hari ini bahkan belum terlihat tanda-tandanya untuk merambah BlackBerry OS. Yang ingin PULSA sampaikan pada pengguna perangkat BlackBerry, sebenarnya platform kesayangan Anda ini memiliki setidaknya aplikasi alternatif untuk menggantikan Instagram.

Nama aplikasi ini adalah PicStory. Seperti Instagram, aplikasi ini memberikan kesempatan pengguna untuk memajang hasil foto kamera BlackBerry secara otomatis sebagai display picture BBM dan ke sesama pengguna PicStory di seluruh dunia. Tak hanya itu, aplikasi yang memenangkan ajang BlackBerry® Hackaton challenge di Jakarta ini juga memberikan alat ke penggunanya untuk mengedit foto sebelum dibagikan.

Sebagai pelengkap yang juga menarik pengguna dapat berbagi foto ke jejaring sosial populer diantaranya Facebook dan Twitter.

Berikut cara penggunaan PicStory.

1. Aplikasi PicStory bisa diunduh gratis dari App World


2. Karena PicStory adalah salah satu BBM Connected App, maka saat pertama kali dijalankan, Anda harus menghubungkan aplikasi ini dengan BBM dengan mengklik “Connect” pada tampilan ini.

3. Untuk mulai mengedit, memajang foto sebagai display picture dan membagikannya ke PicStory, pilih Share My Picture.

4. Anda dapat menggabungkan beberapa foto sekaligus kedalam satu frame, caranya klik Frame di kiri bawah layar untuk memilih layout gabungan foto.

5. Klik pada masing-masing bingkai untuk mulai memilih foto apa yang ingin dipajang, Anda akan diminta untuk memilih dari koleksi foto yang tersimpan dalam BlackBerry.

6. Anda juga dapat mengubah ukuran foto yang ingin ditampilkan (zoom in dan zoom out), memutar orientasi foto (rotate) dan menyesuaikan posisi foto. Setelahnya klik Next.

7. Seperti pada Instagram  Anda dapat mengaplikasikan efek atau filter yang tersedia pada foto. Efek yang digunakan bisa berbeda untuk masing-masing foto. Anda juga dapat memberi ornamen berupa frame pada foto. Jika dirasa cukup klik Next

8. Berikutnya pilih kategori yang cocok dengan foto Anda.

9. Anda bisa memberi keterangan pada foto, memilih media jejaring sosial mana saja yang juga akan ikut membagikan foto Anda. Kemudian klik Share untuk berbagi foto.

10. Aplikasi ini juga akan meminta izin untuk mengubah Personal Message pada profil BBM Anda.

11. Pilihan untuk mengubah DP  BBM Anda juga akan muncul setelahnya. Klik OK.

12. Anda bisa mengeksplor foto-foto dari pengguna PicStory lain di seluruh dunia melalui menu Nearby atau berdasarkan kategori lewat pilihan Channels. Jika ada pengguna yang disukai Anda dpat mem-follow-nya seperti halnya Instagram.

13. Anda juga bisa melihat profil PicStory Anda, menampilkan koleksi foto yang pernah Anda bagikan, dan memberi komentar pada foto Anda sendiri maupun orang lain.

Jadi setidaknya, “Tak Ada Instagram, PicStory Pun Jadi” bukan? (Anwar Aburizal)