pulsa-logo

Buat yang Lagi Working From Home, Ini Tips Bermanfaat dari Xiaomi


PULSA

Sabtu, 21 Maret 2020 • 22:43

Tips Working From Home Tanpa Kendala,WFH


Presiden RI Joko Widodo telah mengeluarkan anjuran untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah demi menekan penyebaran pandemi COVID-19 dan melakukan social distancing atau menghindari kerumunan. Bagi mereka yang harus membiasakan diri untuk bekerja di rumah tentu mengalami tantangan dalam membiasakan diri agar tetap produktif. Jangan khawatir, kami punya solusinya.

Xiaomi Indonesia, meluncurkan infografis berisi delapan tips yang bisa dipertimbangkan oleh mereka yang saat ini bekerja dan belajar mandiri di rumah, sudah tersedia pada akun Instagram @xiaomi.indonesia. Kami dari Xiaomi Indonesia berharap tips ini bisa membantu semua yang sedang berada di rumah untuk tetap bisa produktif dan memiliki gaya hidup yang berkualitas.

1.    Olahraga dan sarapan sebelum bekerja

 Tidak bisa datang ke pusat kebugaran karena harus social distancing bukan menjadi alasan untuk mager alias males gerak di rumah saja. Olahraga dari sekadar pemanasan hingga aktivitas yang bikin badan berkeringat pun bisa dilakukan di mana saja, bahkan bersama anggota keluarga lainnya.

Badan yang bersemangat setelah olahraga akan membuat kita makin produktif dan fokus dalam mengerjakan tugas secara mandiri. Dengan demikian, kita tidak akan melihat fenomena kerja di rumah sebagai alasan untuk libur, tapi tantangan yang baru.

2.    Bekerja normal seolah berada di kantor


Tantangan selama bekerja di rumah adalah mendisiplinkan diri, memastikan kita bisa menyelesaikan pekerjaan harian, mingguan, dan bulanan, secara mandiri tanpa ada seorang pun yang mengawasi. Butuh komitmen pribadi untuk tetap fokus mengerjakan tugas meskipun di samping kita ada sofa yang biasa dipakai untuk bermalas-malasan pada akhir pekan.

Bagaimana melawan hawa akhir pekan yang selalu terasa saat bekerja di rumah? Salah satunya dengan menjaga kebiasaan yang selama ini dilakukan sewaktu berkantor: mandi seperti sewaktu masuk kantor. Dengan demikian, kita akan selalu merasa bahwa kita sedang bekerja, bukan berlibur di rumah.

3.    Membuat catatan dan to-do list

Tantangan utama dalam bekerja di rumah adalah membiasakan diri dengan ritme kerja yang baru di dalam rumah yang penuh dengan distraksi. Mulai dari anggota keluarga lain, serial yang belum dirampungkan, makanan di dalam kulkas, hingga kasur yang mudah dijangkau.

Tips yang bisa dimanfaatkan untuk menangani hal ini adalah membuat agenda atau daftar pekerjaan yang harus dirampungkan hari ini atau to-do list akan membantu kita dalam menentukan prioritas hari ini. Daftar ini akan sangat bermanfaat agar kita bisa segera merampungkan pekerjaan dan punya lebih banyak waktu untuk beristirahat dan bersama keluarga.

4.    Tetap menjaga konektivitas

Terpisah jarak dengan kantor maupun rekan kerja seharusnya bukan lagi masalah di era internet. Manfaatkan perangkat komunikasi yang dapat mendukung dan mempermudah koordinasi, termasuk layanan aplikasi yang tersedia mulai dari yang gratisan hingga premium.

Kalau tidak ada instruksi bekerja dari rumah, mungkin kita tidak pernah sadar bahwa ternyata rapat jarak jauh itu bisa dilakukan. Ternyata ada banyak cara untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

5.    Mengonsumsi makanan sehat dan vitamin

Perlu diingat bahwa instruksi pemerintah agar kita bekerja atau belajar dari rumah adalah untuk menghalau pandemi COVID-19. Selain menjaga kebersihan dan menjaga jarak dengan orang lain, membangun ketahanan tubuh juga jadi salah satu kunci. Itulah kenapa berada di dalam rumah punya manfaat sendiri yakni bisa mengatur asupan nutrisi kita setiap hari.

Jangan lupa untuk meminum suplemen dan vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang kuat akan menghalau COVID-19 maupun penyakit lain.

6.    Istirahat untuk menyegarkan pikiran

Dengan bekerja dari rumah, kita bisa mengatur sendiri ritmenya, kapan memulai dan kapan beristirahat. Luangkan waktu setiap dua jam untuk rehat sejenak agar kita tidak terlalu jenuh bekerja. Bisa dilakukan dengan peregangan badan, minum air putih, atau melakukan hal lain sejenak.

Bila rutin melakukan hal ini, seharusnya kita bisa mempertahankan konsentrasi untuk terus bekerja sepanjang hari, memenuhi target yang sudah kita tetapkan sebelumnya.

7.    Menjaga kebersihan rumah

Kamar yang berantakan oleh barang atau sampah akan mempengaruhi mood kita dalam bekerja atau belajar di rumah. Selain itu, rumah yang bersih tentu akan lebih sehat bagi penghuninya. Itulah kenapa perlu menyisihkan waktu sejenak setelah pekerjaan usai untuk membersihkan kamar dari debu atau barang yang berantakan.

8.    Tidur yang cukup

Salah satu manfaat bekerja dari rumah adalah punya lebih banyak waktu untuk tidur. Tidak lagi harus bangun terlalu pagi untuk bersiap-siap pergi ke kantor sekaligus bisa punya waktu untuk tidur malam lebih dahulu. Sudah banyak riset yang mengamini manfaat tidur yang cukup bagi tubuh seperti memperbaiki suasana hati, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempertajam ingatan. Manfaatkan masa-masa ini untuk tidur lebih lama. Percayalah, itu akan baik bagi badanmu.

Demikianlah tips-tips yang dipersembahkan oleh Xiaomi Indonesia bagi kita yang bekerja atau belajar dari rumah. Kami tetap mengingatkan untuk tetap tenang, selalu menjaga kebersihan badan, menghindari belanja berlebihan, dan mengikuti sumber informasi terpercaya. Tetap berpikir positif dan percaya sesuatu yang luar biasa akan terjadi. (*)