pulsa-logo

Kembalikan BlackBerry Maps Yang Hilang


Pulsa Official

Jum'at, 31 Agustus 2012 • 15:37

BlackBerry, Maps, Hilang, Smartphone, Ponsel, Gadget, Teknologi, tabloid pulsa


IstIst

PULSA seringkali mendapati pertanyaan seputar aplikasi maps yang hilang pada BlackBerry yang digunakan pembaca. Untuk itu, kali ini PULSA akan membahasnya secara khusus.

 Masalah BlackBerry Maps yang raib dari homescreen bisa disebabkan banyak hal, ketidaksengajaan pengguna menyembunyikan ikon, pemilihan paket BlackBerry Service yang tidak tepat hingga proses instalasi OS yang tidak teliti. Untuk penyebab yang berbeda, tentu saja solusi untuk menyelesaikan masalah ini juga berbeda. Tapi Anda tidak perlu khawatir, PULSA akan memberikan solusi lengkap tanpa Anda harus mengetahui penyebab hilangnya BlackBerry Maps Anda.

1. Pilih Paket BIS (BlackBerry Internet Service) yang Tepat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah, pastikan Anda berlangganan paket BlackBerry Service yang memungkinan Anda menggunakan fitur Maps. Karena pada kasus tertentu, ikon BlackBerry Maps secara otomatis menghilang ketika tidak dapat digunakan.

Biasanya, paket yang hanya memberikan Anda layanan chatting (termasuk BBM) dan jejaring sosial tidak mendukung hal ini. Sebaiknya Anda berlangganan paket Full BlackBerry Internet Service. Jika Anda telah berlangganan paket full tapi BlackBerry Maps Anda belum juga muncul, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.


2. Pastikan Ikon Tidak Tersembunyi

Ada kemungkinan juga, Anda atau orang lain yang menggunakan BlackBerry Anda secara tidak sengaja menyembunyikan ikon Maps dari homescreen.

Untuk memastikannya, ketika berada pada homescreen tekan tombol menu kemudian pilih “Show All Icons”. Jika ikon Maps muncul, arahkan highlight atau pilihan ke ikon Maps, tekan tombol menu kemudian pilih “Unhide Icon” untuk memunculkannya kembali. Jika tidak, langkah berikutnya mungkin membantu Anda.

3. Pastikan Maps Terinstal

Berikutnya, periksa apakah BlackBerry Maps telah benar-benar terinstal pada BlackBerry Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengakses pada Options> Device> Application Management.

Jika Anda tidak dapat menemukan BlackBerry Maps disana, maka Anda hanya perlu menginstall aplikasi ini. BlackBerry Maps bisa didapatkan melalui browser dengan mengunjungi alamat http://www.blackberry.com/devicesoftware/entry.do?code=maps. Klik tombol, download now dan ikuti langkah instalasinya.

Atau jika ternyata aplikasi maps terlihat pada daftar, coba untuk menghapus aplikasi Maps kemudian install kembali melalui alamat situs yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Jurus Pamungkas, Instal Maps Menggunakan Loader

Langkah terakhir ini bisa Anda lakukan jika semua langkah diatas tidak dapat menyelesaikan masalah Anda. Langkah ini biasa diperlukan jika Anda menemukan bahwa aplikasi Maps hilang setelah Anda melakukan instalasi OS BlackBerry tapi tidak mencentang pilihan BlackBerry Maps pada pilihan aplikasi yang ingin diinstal. Atau proses instalasi OS tidak berjalan sempurna.

Untuk mendapatkan aplikasi maps di BlackBerry, Anda perlu melakukan instalasi OS kembali, namun kali ini pastikan Anda menandai BlackBerry Maps sebagai salah satu aplikasi bawaan yang turut diinstal.

Caranya;

a. Unduh file instalasi BlackBerry Device Sofware OS. PULSA menyarankan untuk melakukannya menggunakan komputer dengan koneksi internet yang stabil untuk mengurangi resiko gagalnya pengunduhan. Melalui browser PC, buka alamat http://id.blackberry.com/support/downloads/download_sites.jsp.

b. Selain BlackBerry Device Software (BB OS), Anda tentu memerlukan BlackBerry Device Manager yang dapat install dari CD instalasi (terdapat pada paket penjualan) atau dapat diunduh dari alamat http://id.blackberry.com/services/desktop/.

c. Sebelum melakukan proses instalasi OS, sebaiknya backup BlackBerry Anda. Meski back-up termasuk dalam salah satu proses yang berjalan saat instalasi OS, namun PULSA sangat menyarankan untuk mem-back up data dari BlackBerry menggunakan Device Manager.

Sambungkan BlackBerry ke komputer menggunakan kabel data USB, kemudian jalankan Device Manager. Klik “Back Up Now”, ikuti proses upgrade hingga selesai.

d. Install file BlackBerry Device Software yang sudah didownload dengan menjalankannya.

 

e. Hapus file “vendor.xml” yang dapat ditemukan pada direktori “C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader\”.

f. Jalankan Loader.exe yang bisa ditemukan pada direktori C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader\ Loader.exe.

g. Ikuti petunjuk yang diberikan lanjutkan proses dengan klik “Next” pada setiap jendela yang muncul.

h. Pada jendela yang menampilkan “Device Application Selection”, pastikan Anda menandai BlackBerry Maps dan aplikasi lain yang Anda anggap penting dan inginkan untuk diinstal ke dalam BlackBerry Anda kemudian klik “Next”.

i. Di jendela berikutnya Anda diberikan pilihan untuk mem-backup data. Backup data pada proses ini berbeda dengan yang PULSA jelaskan sebelumnya, karena secara otomatis sistem akan mengembalikan data Anda setelah proses instalasi selesai. Pilih “Automaticaly back up the device application data…”.  Klik “Next”.

j. Pastikan BlackBerry Maps juga ada pada daftar applikasi yang muncul. Kemudian klik “Finish”.

k. Sistem akan menjalankan proses instalasi, ingat jangan lepaskan sambungan kabel data dari komputer atau BlackBerry sebelum proses selesai. Tunggu hingga semua proses selesai dijalankan dan muncul jendela “The loading operation was succesfull”.