pulsa-logo

Asyiknya Augmented Reality di BlackBerry


Pulsa Official

Rabu, 19 September 2012 • 11:28

Augmented, BlackBerry, OS, Smartphone, Ponsel, Gadget, Teknologi, tabloid pulsa


Meski bukan barang baru dan sudah sering terdengar, sepertinya banyak yang belum menyadari betapa kerennya teknologi Augmented Reality (AR). Bagi yang belum tahu tentang AR, teknologi ini menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time.

Wikitude sendiri adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menjelajah lingkungan di sekitar dengan cara baru. Pengguna cukup mengarahkan kamera kesekeliling dan dapat mengeksplorasi apa yang ada di sekitar dalam tampilan Augmented Reality (AR). Wikitude telah memiliki berbagai versi untuk beragam sistem operasi populer seperti iOS, Android, BlackBerry OS, Windows Phone dan Symbian.

Wikitude untuk BlackBerry OS bahkan memiliki fitur menarik yang tidak dimiliki versi lain, dimana aplikasi ini memanfaatkan fitur BBM connected untuk mengintegrasikan fungsionalitas BBM ke dalam aplikasi ini. Secara sederhana, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menemukan teman baru disekitar Anda dengan cara yang benar-benar keren.

BBM dalam Augmented Reality

Banyak hal yang bisa Anda lakukan berkat integrasi BBM dalam Wikitude. Diantaranya Anda dapat melihat siapa saja yang menggunakan BBM dan Wikitude disekitar Anda, menampilkan kontak BBM Anda ke pengguna Wikitude lain, atau melihat posisi kontak BBM Anda dalam tampilan peta.


Untuk dapat menggunakan fitur Wikitude yang terhubung dengan BBM tersebut, pengguna harus mengkoneksikan aplikasi ini dengan BBM yang pilihannya diberikan pada pengaturan awal setelah menjalankan aplikasi ini untuk pertama kalinya.

Anda bisa melihat siapa saja pengguna BBM, yang juga menggunakan Wikitude di sekitar Anda dan bahkan bisa menambahkannya ke daftar kontak. Caranya:

1. Jalankan Wikitude, aplikasi ini akan menampilkan 3 panel berdampingan pada tampilan awalnya, masing-masing adalah Fetured, Favorites dan Categories.

2. Klik pada kotak BBM pada panel Featured bertuliskan See your BBM Friends around you atau pilih BBM Chat pada panel Favorites.

3. Wikitude memiliki 3 tampilan utama yaitu, Cam (Pengguna dapat mengarahkan lensa kamera ke sekitar untuk melihat siapa saja yang menggunakan BBM dengan tampilan augmented reality), Maps (Pengguna BBM yang terdeteksi di sekitar akan di tersaji pada tampilan peta) dan List (Pengguna BBM yang terdeteksi akan disajikan pada daftar dan bisa diurut berdasarkan jarak atau kontak BBM).

4. Anda bahkan bisa chatting via BBM dengan kontak yang tertampil tersebut dengan sebelumnya menambahkannya ke daftar kontak BBM Anda. Caranya, klik pada kontak yang dimaksud, pilih Yes dan tambahkan pesan Anda kemudian klik Send. Anda bisa memilih kontak dari tampilan apapun baik Cam, Maps maupun List.

Selain menampilkan siapa saja pengguna BBM plus Wikitude di sekitar, Anda dapat mengatur agar pengguna Wikitude lain juga bisa mendeteksi profil BBM Anda. Atau sebaliknya, jika Anda lebih mementingkan privasi dan tidak menginginkan pengguna lain melihat profil Anda pada aplikasi Wikitude mereka, maka Anda dapat mengaturnya agar hanya tertampil oleh pengguna yang ada pada daftar kontak BBM Anda atau bahkan tidak ditampilkan kepada siapapun. Caranya:

a. Pilihan ini akan tertampil pada pada pengaturan yang diberikan saat pertama kali menjalankan aplikasi ini.

b. Atau jika melewatkannya, Anda dapat mengakses pengaturan ini dengan menekan tombol menu, kemudian pilih Settings.

Pengguna Wikitude untuk BlackBerry juga dapat mengetahui keberadaan kontak BBM-nya. Syaratnya, kontak yang ingin dilacak posisinya tentu juga harus menggunakan aplikasi Wikitude dan membagi lokasinya ke pengguna lain seperti yang PULSA jabarkan diatas.

Untuk memudahkan pelacakan posisi ini, berikut pengaturan yang dapat Anda lakukan

Tekan tombol menu, pilih setting. Tandai (centang) pilihan Show my BBM contacts only

Setelah itu, tekan tombol back, klik kotak BBM pada panel Featured atau ikon BBM Chat pada panel Favorites. Anda akan mendapati 3 tampilan standar Cam, Maps dan List seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja, kali ini yang tertampil hanya pengguna yang telah menjadi kontak Anda di BBM.

Untuk memulai chatting dengan kontak Anda, Anda dapat memilihnya kontak yang dimaksud untuk mengalihkan Anda ke tampilan BBM Chat.

Selamat mencoba

@yuanzroc