pulsa-logo

Menjalankan Game Lawas di Tablet Android


Pulsa Official

Rabu, 21 November 2012 • 08:30


Google / ISTGoogle / IST

Bila Anda sudah merasa jenuh dengan game canggih yang ada pada tablet kesayangan Anda, mungkin kini saatnya Anda bernostalgia kembali dengan game lawas. Buat Anda pencinta game sejati pasti pernah merasakan sensasi konsol seperti Sega, Nintendo atau yang sejaman dengannya. Nah, untuk dapat menjalankan game lama tersebut pada tablet dibutuhkan yang namanya emulator.

 Emulator itu sendiri sebenarnya banyak sekali aplikasinya. Masing-masing emulator dengan peruntukan untuk jenis konsol apa. Nah, buat Anda yang masih memiliki file game berekstensi .NES bisa menggunakan Nesoid. Aplikasi buatan slideme.org ini bahkan dapat Anda download secara gratis.

Tahap pengerjaan

1. Pada dasarnya pengerjaannya sangat mudah. Hanya saja kesulitan yang sering dihadapai adalah berkaitan letak dimana file game itu diletakkan. Pertama tentu saja Anda harus mendownload aplikasi Nesoid tersebut di http://slideme.org/application/nesoid dan menginstalnya di tablet. Aplikasi  ini diperuntukkan buat tablet dengan OS Android 2.3 atau minimum Android 1.5 dengan layar minimal 240 dpx.

2. Langkah senjutnya adalah memasukkan file berekstensi .nes pada tablet. Anda dapat memindahkannya di memori internal maupun di memori eksternal. Buat Anda yang penah memiliki sejenis multimedia player buatan Cina file tersebut terdapat didalamnya dan dapat dicopy melalui PC atau flashdisk. Namun buat Anda yang tidak memilikinya dapat mencarinya dengan bantuan Google atau mendownloadnya di http://www.freeroms.com/


Setelah membuka aplikasi, Anda diarahkan untuk membuka folder dimana file .nes tersebut berada. Sentuh game yang ingin dijalankan maka game tersebut akan terbuka.

3. Pada bagian bawah layar terlihat beberapa tombol yang persis sama dengan kontroler game dulu pada umumnya. Tombol 4 arah pada sisi kiri, tombol A B pada bagian tengah serta tombol kotak dan segitiga di sisi kanan.

4. Aplikasi ini menyediakan beberapa pengaturan untuk kemudahan penggunaan. Pada tablet Samsung Galaxy Tab Plus, tombol tiga baris terletak di jejeran kelima dari kiri. Tombol tersebut berisikan menu load, save, fast forward, cheats, settings dan lainnya.

Settings terdiri dari audio & video settings, input settings, net-play settings, other settings dan about Nesoid. Anda dapat melakukan banyak pengaturan hingga urusan cheats. Buat Anda yang ingin memainkannya menggunakan akselerometer, pada input settings dapat memberi tanda centang pada sensor as left/right.

5. Layaknya game konsol sesungguhnya, game yang telah dimainkan dapat disimpan pada slot yang tersedia. Jadi, bila Anda telah melewati tahapan bermain yang sudah cukup jauh, fitur save memungkinkan Anda untuk melanjutkan kembali permainan itu dikemudian harinya.

6. Menu pengaturan yang terdapat pada game yang dimainkan juga dapat Anda atur di option menu awal game. Sedangkan untuk keluar gari game, Anda dapat memilih menu > lainnya > close.

7. Menariknya, aplikasi ini menyediakan konektifitas lain. Aplikasi ini mendukung permainan dengan lawan main yang ada di jaringan (net play) baik itu lewat bluetooth (server & client) atau WiFi (server & client).

Mudah bukan? Selamat bernostalgia.