pulsa-logo

Kendalikan PC Dari Jarak Jauh Via Smartphone


Ilham

Senin, 17 Desember 2012 • 15:22


Sudah banyak aplikasi ponsel yang berfungsi untuk mengendaikan PC dari jarak jauh. Tapi kebanyakan hanya bisa mengendalikan mouse atau paling bagus bisa mengetik dari ponsel. Kali ini PULSA rekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi touchremote untuk mengendalikan PC dengan lebih baik lagi.

Aplikasi ini memiliki fitur yang terbilang mumpuni. Tidak hanya mampu mengandalikan mouse, tetapi juga Anda juga mampu melihat file di PC dari ponsel, menampilkan tampilan PC di ponsel sekaligus kita dapat mengendalikan beberapa aplikasi di PC, bahkan untuk presentasi. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini:

Untuk dapat melakukan tips ini Anda harus melakukan download aplikasi Touchremote baik untuk ponsel dan PC.

1. Smartphone Symbian^3 memiliki koneksi Bluetooth atau Wifi atau Smartphone Android versi 2.1 keatas

2. PC atau laptop yang juga memiliki koneksi Bluetooth dan WIfi

3. Jika menggunakan Wlan maka ANda akan membutuhkan Hotspot jaringan lokal dan pastikan PC dan ponsel Anda sudah terkoneksi pada jaringan tersebut.

Untuk di ponsel Anda dapat menownloadnya langsung melalui ovi store secara gratis. Sedangkan untuk mendownload aplikasi PC-nya. Di situs http://touchremote.eu/. Untuk aplikasi untuk PC-nya Anda dapat mendownloadnya secara gratis versi Demo, atau jika anda kurang puas Anda bisa membelinya dengan harga Rp. 67,132.99, yang bisa dibayarkan dengan Paypal atau kartu kredit


Langkah 1

Download aplikasi untuk PC di situs http://touchremote.eu/ lalu klik download PC Software untuk mendownload

Langkah 2

Selesai mendownload, install aplikasi ini dengan menjalankan file *.exe yang tadi didownload. Setelah selesai jalankan aplikasi, dengan memilih start demo. Tapi jika anda membeli aplikasi ini anda dapat memasukan licence Key terlebih dahulu. Tunggu sampai proses aktivasi selesai lalu klik Ok

Langkah 3

Saat pertama kalinya menjalankan aplikasi ini, Anda dapat memasukan Password supaya lebih aman. Dengan memilih OK

Langkah 4

Masukan password, masukan Path to VLC Player atau Anda bisa mengatur Settingan lainnya.

Langkah 5

Untuk mengetahui alamat koneksi anda dapat menceknya melalui menu Adapter disana terdapat alamat Bluetooth dan alamat Wlan.

Langkah 6

Setelah aplikasi untuk PC sudah siap, maka siapkan aplikasi untuk ponsel

Langkah 7

Melalui Ovi Store, cari Aplikasi TochRemote, lalu download dan Install. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Langkah 8

Setelah selesai proses download dan Install, pilih launch untuk menjalankan aplikasi TouchRemote

Langkah 9

Pilih koneksi yang akan digunakan, misalnya dengan memilih scan local network untuk menggunakan koneksi wlan

Langkah 10

Aplikasi ini akan membutuhkan koneksi internet, Pilih yes untuk menyetujuinya

Langkah 11

Maka aplikasi ini akan mendeteksi koneksi Wlan yang tersedia. Jika sudah ditemukan maka aplikasi ini akan menyimpannya. Pilih Ok untuk menyimpan

Langkah 12

Setelah koneksi tersimpan dan aplikasi antara ponsel dan PC sudah terkoneksi maka ponsel Anda siap untuk dapat mengendalikan PC.

Langkah 13

Pilih system> files untuk dapat mengakses file yang ada di PC disini Anda dapat mengcopy file, membuka file, geser kekanan kearah Mouse, maka anda dapat menggerakkan mouse di PC

Langkah 14

Geser kekanan lagi terdapat tab Dekstop. Disini Anda dapat melihat tampilan desktop yang ada di PC. Dari situ Anda dapat mengendalikan PC, seperti layaknya Anda mengendalikan PC dengan layar sentuh. Bahkan Anda dapat menampilkan keyboard virtual dengan memilih ikon keyboard yang ada di kiri bawah. Dengan begitu Anda dapat mengetik dengan mudah.

Langkah 15

Geser kekanan di tab Power, Anda bisa mengatur PC pada posisi Shutdown (mematikan), hibernate (Standby), Sleep dan Lock. Tapi sayangnya untuk memlakukan hal ini Anda harus menggunakan versi full. Begitu juga fitur lainnya seperti mengendalikan winamp, Zoom Player, Home Cinema, VLC Player,  iTunes  dan beberapa fitur lainnya.

Dengan begitu Anda bahkan tidak perlu lagi menggunakan mouse atau keyboard, dengan ponsel saja Anda dapat mengendalikan PC dari jarak jauh. (@ilham_putranto)