pulsa-logo

Tips Windows Phone: Terima Telpon Lewat PC/Laptop


Hairuddin

Senin, 31 Desember 2012 • 12:39


Untuk pemilik Windows Phone seperti Nokia Lumia 900, fungsi Bluetooth yang dimilikinya memang sangat terbatas. Kebanyakan cuma mendukung A2DP, Handsfree Telephony Gateway, Phonebook Access serta Remote Controlable Device, tapi tak bisa dimanfaatkan untuk transfer file (FTP Client).

Meski demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk terima telpon lewat PC/Komputer/Laptopdengan salah satu fasilitas yang dimiliki Bluetooth Windows Phone ini.Lalu, bagaimana caranya?

Pertama, siapkan PC/Komputer/Laptop yang telah didukung koneksi Bluetooth. Dan jangan lupa, gunakan headphone untuk berkomunikasi.

Kedua, lakukan pengaturan koneksi antara ponsel Windows Phone (di sini Pulsa menggunakan Lumia 900) dengan PC/Komputer/Laptop (Pulsa menggunakan Laptop Windows 8), seperti langkah-langkah berikut:

1. Di menu PC Setting yang ada di PC/Komputer/Laptop, pilih “Device” > Add device.



2. Tunggu hingga daftar perangkat Bluetooth terdeteksi. Di sini, smartphone Windows Phone yang ingin dikoneksikan harus sudah aktif Bluetooth-nya.

3. Setelah muncul nama smartphone-nya, pilih dan koneksikan. Di langkah ini, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi kode koneksi yang akan muncul di layar PC/Komputer/Laptop dan juga di Windows Phone.

4. Setelah cocok, pilih Yes untuk menerima dan mengkoneksikan kedua perangkat.

5. Selanjutnya, di PC/Komputer/Laptop akan muncul popup koneksi Bluetooth Windows Phone Anda.

6. Jika indikator “Audio services”sudah menunjukan ‘Connected’, berarti Anda sudah bisa menerima telpon dari PC/Komputer/Laptop.

7. Anda yang ingin melakukan panggilan telpon dari PC/Komputer/Laptop, klik “Open” di menu “Advanced phone operations” untuk memunculkan popup Dial telpon.

8. Selanjutnya, tinggal ketikan saja nomor telpon yang akan dihubungi, dan tekan “Call”.

9. Jika ingin menggunakan daftar kontak yang telah dimiliki, lakukan proses singkronisasi phonebook terlebih dulu, caranya dengan memilih opsi “Sync” di kotak “Contact” yang ada pada popup Dial telpon. Proses ini juga memerlukan konfirmasi di handheld Windows Phone, supaya proses singkronisasi phonebook berjalan lancer. Tinggal menekan “allow” di popup yang muncul pada Windows Phone.

10. Jika ingin menelpon dari daftar phonebook, tinggal pilih kontaknya, klik kanan mouse dan klik “Call”. Mudah bukan?

(@hairudin_ali)