pulsa-logo

Nge-Print Dokumen Langsung dari iPhone


Ahmad S.

Jum'at, 18 Januari 2013 • 13:30

Ponsel pintar, tablet, Apple, iPhone, iPad, aplikasi, koneksi, WiFi, browser, Photos, Email, tabloid pulsa


Ponsel pintar sudah sejatinya melakukan apa yang tidak bisa dilakukan ponsel lain. Dari ide ini, maka muncullah banyak pertanyaan dari calon pengguna ponsel pintar (dan tablet) apakah bisa fungsinya menggantikan perangkat lain yang lebih powerful semisal laptop?

Anda pasti setuju apabila ponsel dan tablet belum bisa dianggap sebagai substitusi perangkat komputer, secupu apapun komputer itu. Namun ada hal-hal yang bisa dilakukan tanpa harus tergantung pada perangkat tesebut. Salah satunya adalah mencetak dokumen, foto atau apapun yang bisa dibawa oleh perangkat ponsel Anda. Tak perlu lagi memindahkan dokumen yang akan dicetak ke komputer dahulu, namun bisa langsung, joss! Tanpa bantuan perangkat apapun.

Apple punya kemampuan itu. Setiap perangkat mobile keluaran Apple, baik iPhone maupun iPad telah disematkan fitur AirPrint. Dimana kita bisa mencetak file lewat aplikasi-aplikasi yang mendukung, semisal Saari browser, Photos, Email, Pages, Documents to Go dan sejenis, langsung dengan bantuan printer yang kompatibel, dengan syarat berada dalam sebuah jaringan WiFi yang sama.

Oke, kesimpulan dari uraian di atas adalah Anda bisa mencetak langsung dokumen dari iphone dan ipad dengan syarat sebagai berikut:

1. OS pada iPhone dan iPad sudah diupdate ke OS paling terkini.

Cek lewat Setting > General > Software update. Lakukan update jika belum.



2. Tidak semua file bisa dicetak, kecuali dari aplikasi-aplikasi yang mendukung.

Bagaimana kita bisa tahu apabila sebuah aplikasi memiliki kemampuan print file? Cek di aplikasi tersebut apakah ada fitur share yang digambarkan dengan ikon di bawah, lalu klik ikon ini, apakah ada opsi print.

3. Hanya printer yang support AirPrint saja yang bisa melakukan upaya printing ini.

Tidak semua printer yang ada di pasaran memiliki spesifikasi AirPrint. Biasanya pihak vendor telah mendaftarkan produknya agar bisa kompatibel dengan Airprint-nya Apple dan untuk itu Anda perlu mengupdate software (driver) printer tersebut ke versi yang paling anyar, untuk memastikan kompatibiltas tersebut. Cek http://support.apple.com/kb/ht4356.

4. Terhubung dengan jaringan WiFi yang sama dengan printer.

Printer yang mendukung fungsi Airprint sudah dipastikan memiliki koneksi WiFi. Untuk itu, pastikan baik printer maupun iPhone berada di satu jaringan WiFi yang sama.

Tips untuk Printer Lain

Kenyataanya, printer-printer yang Airprint enable tidak dijual dengan harga terjangkau. Lagi pula bagi Anda yang sudah memiliki printer sebelumnya, membeli printer baru yang support AirPrint akan terdengar tidak populer. Kecuali Anda memang benar-benar mampu.

Bagi Anda yang terjebak dalam situasi ini, tidak perlu membeli printer baru. Anda cukup menggunakan trik sebagai berikut.

1. Manfaatkan aplikasi FingerPrint untuk PC dan Mac. Harganya hanya 19.95 USD alias kurang dari Rp 200.000,-. Bandingkan jika Anda harus membeli printer baru. Download aplikasi ini di http://www.collobos.com, sesuaikan dengan OS komputer Anda. Tenang, komputer di sini hanya sebagai ‘jembatan’ saja.

2. Setelah terinstal, cek kembali semua printer yang terdaftar di komputer Anda. Lalu jalankan software ini.

3. Di iPhone/iPad, pilih dokumen yang akan diprint, sentuh ikon share, pilih print.

4. Sebuah windows baru akan muncul. Tap pada select printer, lalu cari printer yang Anda set di komputer. Lalu tap Print untuk mencetak file tersebut.

Semua printer, baik yang memiliki jaringan WiFi atau tidak bisa digunakan untuk mencetak file-file Anda. Dimana komputer yang terhubung dengan printer akan menjadi corong ke jaringan (dan WiFi), dan mendaftarkan printer apapun sebagai printer AirPrint enable. Mudah bukan?

@tabloidpulsa, @sanusiahmad