pulsa-logo

Ukur Potensi Banjir dengan Aplikasi


PULSA

Senin, 18 Februari 2013 • 11:50


Ilustrasi / ISTIlustrasi / IST

Banjir utamanya disebabkan karena masa air yang lebih besar dari daya tampung pembuangan air dan daya serap tanah di sebuah lokasi. Namun itu bukanlah satu-satunya faktor penyebab terjadinya banjir. Ada puluhan hal lain yang menyebabkannya dan diantaranya adalah faktor geografis.

Tata letak sebuah kawasan, lokasi sungai dan laut serta ketinggian permukaan tanah terhadap permukaan laut juga menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya banjir. Yang kemudian memberikan debit hujan tinggi serta informasi minimnya wilayah serapan air, semua itu akan menjadikan potensi banjir seperti yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta.

Jika hal-hal yeng mempengaruhi banjir tersebut bisa diukur atau setidaknya dipantau dari ponsel, maka kita bisa memprediksi atau mengukur potensi banjir di wilyah kita berada. Meskipun tidak 100% akurat, tapi layak kita coba.

A. Aplikasi Pengukur Ketinggian Tanah

Salah satu faktor yang mengakselerasi terjadinya banjir adalah ketinggian tanah. Dimana lokasi dengan ketinggian lebih besar memiliki potensi lebih kecil terkena dampak banjir. Alat yang biasanya digunakan adalah Altimeter, ternyata di ponsel juga sudah tersedia aplikasi untuk keperluan ini, diantaranya adalah:

Curent Elevation


Free/iOS/1.4 MB

Pengukuran ketinggian dilakukan dengan dua cara. Mengukurnya berdasarkan informasi peta dan mengukurnya dengan satelit GPS. Artinya GPS akan mengukur keberadaaan ponsel, jika Anda di lantai 2 sebuah gedung maka ketinggiannya akan berbeda dengan perhitungan Map (peta) karena hanya kan mengukur permukaan tanah saja.

GPS Status & Toolbox

Free/Android/Bervariasi

Bagi pengguna Android, aplikasi ini termasuk yang paling baik. Memuat semua data informasi GPS, miulai dari letak astronomis, ketinggian, kecepatan bergerak dan lain-lain. Tampil lebih kompleks dan kurang cocok buat yang tidak suka ribet. Tapi justru paling tepat untuk monitoring lokasi Anda berada.

Altimeter GPS

Free/Android/3.1 MB

Seperti halnya Current Elevation, Altimeter GPS akan menampilkan ketinggian lokasi berdasarkan informasi peta dan GPS. Anda bisa membandingkannya saat berada di atas pohon atau gedung tinggi. Cocok sebagai bahan pertimbangan maupun sekedar untuk mengetahui potensi banjir lokasi Anda. Sayangnya beberapa bulan ini developernya lupa mensupport app tersebut.

Runtastic Altimeter

Free/Android/5.9 MB

Ingat dulu ketika praktikum di daerah Gedong Songo Jawa Tengah, kami kehilangan data altimeter yang sudah dikalibrasi di pinggir pantai. Saat itu masih manual tanpa bantuan GPS. Nah aplikasi ini sebenarnya dibuat untuk mempermudah segalanya dan Runtastic menyatakan info ketinggian yang diberikan lebih akurat dari yang lain, menggunakan info GPS.

B. Aplikasi Peta Topografi

Sayang sekali, sampai tulisan ini dibuat belum ada aplikasi yang menunjukkan peta topografi Indonesia secara penuh dan akurat. Padahal dengan peta seperti ini, kita bisa memperkirakan jalur aliran air sehingga bisa mewaspadai hujan di daerah yang lebih tinggi. Kalaupun nantinya ada, PULSA berharap peta tersebut bisa tampil seperti aplikasi berikut ini…

BackCountry Navigator Pro GPS

$9.99/Android/Bervariasi

Aplikasi ini hanya akurat di USA, Kabda, Spanyol, Italia, Selandia Baru dan Jepang. Menampilkan peta topografi yang berguna untuk olahraga outdoor maupun penyelamatan korban keelakaan di daerah-daerah pegunungan. Dengan informasi topografi, maka kita pun bisa melihat cerukan dan kemiringan sebuah daerah sehingga dapat memproyeksi arah aliran air.

C. Aplikasi Radar Hujan

Australia sebagai Negara besar yang perna mengalami banjir yang cukup parah bergegas menciptakan sebuah sistem peringatan dini melalui sebuah radar hujan yang informasinya dibagikan secara gratis kepada penduduknya. Beberapa memanfaatkannya untuk membuat sebuah aplikasi. Seperti berikut ini. Semoga di Indonesia aplikasi serupa bisa dibuat dengan cepat.

Rain Radar Au

$0.99/iOS/2.4 MB

Informasi yang terpampang di aplikasi ini berasal dari biro meterologi setempat. Anda bisa mengatur radius radar sehingga bisa melihat hujan di daerah-daerah sekitar. Bisa berguna untuk penduduk Jakarta mengintip hujan deras di daerah sekitar hulu. Aplikasi ini terbukti berguna untuk mereka yang menginstalnya, setidaknya dalam merencanakan kegiatan outdoor mereka di hari-hari tertentu.