pulsa-logo

DashClock Widget, Widget Digital Alternatif Untuk Android Jelly Bean


PULSA

Rabu, 20 Maret 2013 • 14:11


Bagi Anda pengguna Android melakukan kustomisasi tampilan ponsel tentu sudah menjadi hal yang lazim buat dilakukan. Selain mengganti antarmuka, Anda pengguna Android Jelly bean sekarang dapat pula mengganti lockscreen dengan ragam menu custom yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Berikut kami paparkan kepada Anda caranya:

DashClock Widget

1. Download dan instal DashClock Widget. Sebelumnya Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda telah menjalankan Android jelly bean 4.2. Mungkin Anda bertanya kenapa harus Jelly Bean 4.2? Jawabannya karena pada Android 4.2, Google kini mengizinkan pengguna untuk meletakkan widget ketika layar dalam posisi lockscreen.

2. Setelah aplikasi terpasang, masuk kehalaman menu lalu pilih widget. Setelah itu, Anda akan melihat ‘configure DashClock’.



3. Setelah itu silakan lakukan konfigurasi kustomisasi yang Anda inginkan dengan meletakkan widget tersebut pada halaman kosong homescreen. Pada DashClock Widget Anda diberikan beragam ekstensi yang memungkinkan pengguna untuk melihat item notifikasi yang nantinya akan disuguhkan saat layar dalam posisi terkunci. Selain memilih ekstensi bawaan seperti Calendar Appointment, Gmail Unread Count, Missed Calls, Next Alarm, Text Messages dan Weather, Anda juga dapat memilih ekstensi lain dengan mendownloadnya sendiri dari Play Store.

4. Setelah Anda selesai melakukan konfigurasi, kunci layar ponsel dengan menekan tombol power. Swype jari Anda dari sisi tepi kanan layar kearah kiri, maka Anda akan melihat ikon ‘+’.

5. Tekan ikon ‘+’. tersebut lalu lanjutkan dengan memilih DashClock Widget. Selanjutnya Anda dapat memilih notifikasi apa saja yang akan tampil ketika ponsel dalam posisi lockscreen.

6. Dalam contoh yang kami lakukan, PULSA memilih Gmail Unread Count dan Weather.

7. Ketika Anda memilih DashClock Widget sebagai widget dalam posisi lockscreen, maka widget bawaan Jelly Bean masih tetap bertahan. Untuk menjadikan Dashclock Widget sebagai widget satu-satunya, maka Anda harus membuang widget bawaan Jelly Bean dengan menekan tahan widget tersebut dan menyapukannya ke atas sampai muncul pesan remove.

8. Setelah Anda menghapus widget digital clock bawaan Jelly Bean, maka ketika layar dalam posisi terkunci atau lockscreen, Anda dapat melihat beragam notifikasi tanpa harus melakukan unlock screen.