pulsa-logo

Berbagi Clipboard Desktop dengan iPad/iPhone


Ahmad S.

Rabu, 20 Maret 2013 • 14:21

Clipboard, iPad, iPhone, yips, apps, aplikasi, gadget, smartphone, teknologi, tabloid pulsa


Apa itu clipboard? Secara harfiah clipboard adalah papan jepit, dimana Anda meletakkan data-data penting, sebagai tatakan lembar tugas Pramuka ketika camping atau saat ujian nasional. Dalam dunia komputer kita mengenalnya sebagai penyimpanan data sementara, untuk memindahkan data dari aplikasi lain (biasanya teks) ke dokumen atau sebaliknya. Bahkan kadang tanpa sadar kita sudah menggunakannya.

Jika Anda pernah melakukan copy-paste terhadap sebuah teks di internet dan Microsoft Words, maka secara otomatis Anda telah menggunakan fitur clipboard di desktop Anda.

Masalahnya, jika Anda sedang melakukan browsing internet di komputer (mac), lalu Anda menemukan kata-kata yang lucu untuk kemudian ingin dibagikan lewat whatsapp iphone atau di sebuah dokumen yang ada di iPad, maka akan sangat repot jika harus diketik ulang, terlebih jika karakternya terlalu banyak.

Dengan sebuah aplikasi tambahan, Anda bisa meng-copy-nya di desktop lalu mem-paste-nya di iPhone/iPad kita. Kok bisa? Berikut cara-caranya.

1. Aktifkan iCloud baik di Mac maupun di iPhone/iPad Anda. Dengan satu akun yang sama ya.

2. Download Cloudclip di desktop (Mac) lewat Mac App Store. Aplikasi ini gratisan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Begitu terinstal aplikasi ini akan muncul di daftar aplikasi seperti ini.


3. Aktifkan segera, dan Cloudclip akan muncul di menu bar (bagian atas). Ini tandanya Cludclip sudah aktif.

4. Kembali ke perangkat iPhone/iPad. Download juga Cloudclip untuk iOS. Harganya gratisan.

Cara penggunaan:

Anggap di suatu waktu Anda tengah bekerja dengan Mac. Lalu Anda menemukan quote menarik dari seorang pujangga. Alih-alih membaginya via Facebook lewat Mac, Anda kemudian berniat membaginya di grup Whatsapp. Dari pada menulisnya ulang di perangkat lain, mari manfaatkan cloudclip.

1. Anggap cloudclip sudah terinstal di Mac dan iPhone/iPad Anda.

2. Di Mac, dalam aplikasi Safari saat Anda melaukan browsing, Higlight kata-kata yang menarik. Atau satu paragraf penuh, lalu klik kanan – copy.

3. Di iPhone, atau iPad. Buka aplikasi Cloudclip.

4. Jika Anda banyak memasukkan entri (meng-kopi) entri, maka akan muncul daftar entri yang dilakukan di Mac.

5. Pilih salah satu dengan menyentuh salah satu entri (kalimat yang ingin di-copy), lalu muncul sebuah notifikasi singkat yang bertuliskan “copied” atau sudah dikopi.

6. Buka aplikasi Whatsapp, atau aplikasi apapun yang Anda niatkan untuk mengirimkan file teks. Klik kolom teks, tekan lama hingga muncul pilihan paste.

Mudah bukan? Dengan cara ini Anda bisa berbagi hingga 15 kelompok kata. Memudahkan, terutama bagi Anda yang bekerja dan bergaul dengan dua perangkat berbeda. Desktop dan iDevice.

@sanusiahmad