Atrk
ads skin gagal

Aplikasi Pendukung Kegiatan Belajar-Mengajar untuk Para Guru

Ilustrasi / ISTIlustrasi / IST


1. Teacher Kit
By ITWorx

Platform: iOS
Harga: FREE
OS Minimum: iOS 5.0
Ukuran file: 42.9 MB

Teacher Kit

Sebelum tulisan ini dimulai, sejumlah rekan reporter menyampaikan perasaan pesimistis mereka terkait dengan kebutuhan idevice untuk menjalankan aplikasi ini. Maksudnya, apakah guru-guru di Tanah Air kita sudah dipersenjatai minimal iPad untuk mengajar? Well, tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat, tak ada salahnya ulasan tentang aplikasi ini tetap dimunculkan. Meski tidak semua guru membawa iPad ke sekolah, siapa tahu ada pihak developer yang mampu membuat aplikasi serupa untuk perangkat yang lebih terjangkau. Atau bisa saja pemerintah daerah… siapa tahu?

Apa yang membuatnya menarik adalah sistem tertutupnya yang memungkinkan kita mengawasi perkembangan kelas, individu murid hingga otomatisasi nilai raport tanpa harus melakukan input di akhir semester. Anda bisa memprogram berapa banyak ulangan, lalu ditambahkan nilai ujian semester, atur bobotnya dan Anda bisa mendapatkan nilai akhir semester di mata pelajaran yang sama, plus nilai rata-rata yang diraih terhadap nilai kelas secara keseluruhan.

T Kit 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Kit 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Kit 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Kit 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Kit 5 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Teacher Kit juga akan mengurusi masalah absensi anak-anak didik Anda. Di akhir semester, Anda tidak perlu lagi merekap absensi, karena secara otomatis aplikasi akan memberitahukan berapa prosentasi kehadiran total setiap anak didik Anda.

ITWorx tahu benar bahwa tugas Anda selaku guru bukan hanya untuk mengajar mata pelajaran, lebih dari itu Anda memiliki tanggung jawab terhadap perkembangn setiap anak didik. Dan aplikasi ini mampu mengurangi beban Anda. Tanpa harus mengekang kreativitas Anda.

2. Teacher Aide Pro
By In Pocket Solutions

Platform: Android
Harga: $9.99
OS Minimum: Android 2.2 ke atas
Ukuran file: 3.1 MB

Teach Aide

Kalau iOS punya Teacher Kit, maka Android punya Teacher Aide Pro. Fungsinya sama, hanya saja tampilannya masih terlalu grafis. Tidak semenarik Teacher Kit. Itupun masih harus Anda tebus dengan 10 dolar.

Tapi apa yang Anda dapatkan adalah semua yang Anda butuhkan. Mulai dari alat bantu absensi, pencatat nilai mata pelajaran, daftar alamat murid, termasuk nomor telepon dan email agar bisa dikirimi notifikasi, hingga mencatatnya dalam bentuk skala dan membuat notifikasi untuk para orang tua murid.

T Aide 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Aide 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Aide 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Aide 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Aide 5 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

T Aide 6 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Efisiensi adalah kunci dari manfaat aplikasi ini. Jika Bapak Ibu Guru tidak memiliki perangkat Android, setidaknya aplikasi ini bisa menginspirasi aplikasi serupa, siapa tahu murid-murid Anda yang siap membantu mewujudkannya dalam sebuah perangkat yang lebih terjangkau.

3. EClicker
By Big Nerd Ranch

Platform: iOS
Harga: Rp 139.000,-
OS Minimum: iOS 5.0 ke atas
Ukuran file: 6.4 MB

Eclicker Presenter


Bagi pengajar yang suka melakukan kuis dengan hasil yang lebih cepat dan tepat, Anda bisa menggunakan aplikasi eClicker buatan Big Nerd Ranch. Terdiri dari dua aplikasi, yakni eClicker presenter atau yang dulu pernah dinamakan host, dan aplikasi client atau yang baru-baru ini diganti nama menjadi eClicker audience.

Eclicker 1

Eclicker 2

Eclicker 3

Eclicker 4

Eclicker 5

eClicker presenter dijual dengan harga 139 ribu. Berfungsi sebagai pengirim soal kuis. Melalui jaringan WiFi, murid dengan perangkat iOS juga dapat menerima pertanyaan yang masuk lalu mengirimkan jawabannya secara real time, layaknya kuis siapa berani di tv swasta beberapa tahun lalu.

Menariknya aplikasi untuk murid dapat didownload secara gratis sehingga tidak memberatkan mereka. Dan lewat aplikasi ini, Anda bisa mengupload gambar sebagai sebuah pertanyaan kuis. Semsial bender atau bagian dari peta.

4. iResponse Pro
By Tate inc

Platform: iOS
Harga: Rp 49.000,-
OS Minimum: iOS 4.3 ke atas
Ukuran File: 3.3 MB

Response Pro

Kalau Anda tidak mau ribet dengan dua jenis apps berbeda, Anda pun bisa mencoba iResponse Pro. Aplikasi ini dijual dengan harga 49 ribu perak dan harus terinstal di masingmasing ponsel/tablet peserta kuis. Jadi agak mahal memang. Sementara untuk guru ada aplikasi gratisan yang disebut dengan iResponse Utility yang dapat diinstal di desktop (pc/mac).

Kelebihan iResponse Pro adalah tampilannya yang lebih menarik. Meski kurang begitu to the point ketimbang eClicker, namun sedikit banyak menambah daya tarik bagi para murid untuk menggunakannya.

Iresponse

Iresponse 2

Iresponse 3

Iresponse 4

Iresponse 5

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi unuk mencatat semua respon peserta ujian (atau kuis) secara tepat dan cepat sehingga Anda tidak perlu lagi mengoreksi hasil jawaban, karena begitu tes selesai Anda sudah tahu nilai masing-masing murid yang tercatat di aplikasi utility. Sama halnya dengan eClicker, baik tablet/ponsel dan pc host harus terdaftar dalam satu jaringan WiFi yang sama, atau setidaknya menggunakan sistem log in yang dapat mengakses server (host). Menarik bukan.

5. Quiz & Poll
By Destil

Platform: Android
Harga: Free
Minimum OS: Android 2.2 ke atas
Ukuran file: 715 KB

Quizz Poll

Bagi pengguna Android ada aplikasi yang menarik terkait untuk melakukan tes dadakan atau kuis tanpa menggunakan kertas. Caranya memang agak rumit karena melibatkan Google Document, baik seagai agregator maupun sebagai temlat untuk mengkreasikan pertanyaan-pertanyaa kuis atau polling.

Pada dasarnya, setiap murid yang menggunakan ponsel/tablet android dapat mengakses kuis langsung di aplikasi ini, meskipun tidak menutup kemungkinan bagi yang kebetulan tidak membawa android, bisa menggunakan browser. Jadi, link pertanyaan yang dibuat oleh guru dapat diemail ke masing-masing murid, kemudian mereka dapat membukanya di aplikasi ini atau browser.

Qp1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Qp2

Qp3

Qp4

Qp5

Qp6

Qp7 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Karena bersifat realtime, maka guru tetap mengatur berapa lama sebuah pertanyaan akan berlaku dan murid pun punya limit waktu hingga mencapai detik tertentu sudah tidak dapat menjawab lagi, karena layar sudah berubah ke pertanyaan berikutnya. Ya, semua diatur oleh host melalui desktop.

Bagusnya aplikasi ini gratisan dan bersifat open source sehingga, jika Anda suka utak-atik, Anda bisa mengkustomnya agar dapat tertampil dengan lebih baik lagi.
 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 22:16
  • font size