pulsa-logo

Koneksikan PC dan BlackBerry via WiFi


Anwar Aburizal

Kamis, 15 Agustus 2013 • 13:22


Sebagai pengguna BlackBerry yang aktif, Anda tentu tidak jarang menghubungkan BlackBerry Anda ke komputer. Tujuannya pun bermacam-macam, misalnya untuk melakukan upgrade, membackup atau merestore data hingga yang paling sederhana seperti memindahkan data dari komputer ke BlackBerry atau sebaliknya.

Nah, untuk keperluan manajemen file data antara komputer dan ponsel BlackBerry, pengguna kini tidak hanya bisa mengkoneksikan keduanya menggunakan kabel data. Di BlackBerry 10 ada pilihan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan BlackBerry ke PC melalui sambungan wifi. Berikut caranya:

1. Syarat pertama, pengguna harus menghubungkan komputer dan BlackBerry ke jaringan wifi yang sama.

Koneksi wifi pada PCKoneksi wifi pada PC

 Koneksi wifi pada BlackBerry Koneksi wifi pada BlackBerry

2. Berikutnya tentukan nama yang akan terdeteksi dalam jaringan bagi perangkat perangkat BlackBerry Anda. Caranya buka menu Settings> Media Sharing, klik Edit Name. Kemudian ubah nama pada kolom Device Name sesuai keinginan. Anda juga bisa menggunakan nama default yang tersedia.



3. Berikutnya buka menu Settings> Storage and Access. Kemudian switch toggle “Access using Wi-Fi” ke On.

4. Buat Password pada kedua kolom yang tersedia. Password ini nantinya akan Anda gunakan untuk mengakses BlackBerry melalui komputer. Password harus terdiri dari 6 karakter atau lebih. Klik OK.

5. Untuk mengakses data yang tersimpan di BlackBerry melalui PC, Buka jendela Explorer, kemudian cari nama BlackBerry Anda pada bagian Network di Navigation Pane (liat gambar).

6. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Run pada PC dengan mengetikkan \\(nama BlackBerry seperti yang ditentukan pada langkah 2). Contohnya: \\PulsaZ10

7. Ketika akan mengakses data Anda akan diminta memasukkan username dan password. Secara default usernamenya adalah BlackBerry.

8. Anda bisa mengubah username sesuai keinginan, dengan mengakses pilihan Settings> Storage and Access> Identification on Network. Pilihan Identification on Network hanya tersedia jika switch toggle “Access using Wi-Fi” dalam posisi On.

@yuanzroc