pulsa-logo

Mengenal Isi Gadget Anda (1)


PULSA

Kamis, 28 Agustus 2014 • 17:58

Gadget, tabloid smartphone, android, klinik, tabloid pulsa


Di balik canggihnya gadged yang Anda miliki saat ini ataupun yang anda idam-idamkan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Seperti halnya perangkat elektronik pda umumnya, gadged canggih tersebut memiliki sebuah rangkaian elektronika terintegrasi yang tersusun atas banyak komponen. Memang jumlah komponennya banyak, tapi satu hal yang unik, jenisnya tidaklah banyak!

Salah satunya adalah komponen yang namanya resistor. Nama lainnya hambatan. Baik gadged yang "tua" maupun yang "muda", komponen ini pastilah ada. Dan jumlahnya cukup signifikan.

Jika dalam skematik diagram, resistor memiliki kode khusus yakni "R". Simbolnya seperti ini.

Apa fungsinya? Banyak sekali, pada dasarnya resistor adalah komponen yang berguna untuk menahan arus listrik. Tapi dalam penerapannya, bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti pembagi tegangan, pengaman, dan masih banyak lagi.

Maka itu, komponen ini walaupun ditemukan sudah lama sekali, keberadaannya tidaklah bisa tergantikan oleh komponen lain. Yang "berkembang" hanyalah ukurannya. Yang tadinya besar, kini sekarang mengecil.


IC PA

Mungkin tidak asing di telinga kita, jika ponsel kita tidak ada sinyal, selalu saja para teknisi mengatakan bahwa PA nya yang rusak. Sebenarnya barang apakah PA itu? Bentuknya seperti apa? Dan apakah benar jika tidak ada sinyal, PA nya yang rusak?

PA singkatan dari power amplifier. Bentuknya mungkin bisa dilihat di bawah ini.

Fungsinya sesuai dengan namanya yakni untuk menguatkan sinyal pemancar. Jadi bila rusak, yang terjadi sudah jelas yakni gangguan pada sinyal. Baik itu sinyal turun naik, sinyal tidak ada sama sekali, ataupun sinyal lemah.

Dan apakah benar jika tidak ada sinyal, PA nya yang rusak?  Kalau PA rusak, benar bisa menyebabkan tidak ada sinyal, sebaliknya kalau sinyal rusak, belum tentu seratus persen karena PA. Banyak kemungkinan lainnya. Bisa saja dari IC RF, atau filter, bahkan CPU pun bisa saja menyebabkan no Signal. Harus ada trik dan skill khusus dalam menentukan kerusakannya. (bersamsung)

Ditulis oleh

Tayung, ST

Staff Pengajar V-Tiga Training Center

Pelatihan HP, Laptop, TV LCD, dan Komputer

http://kursushp.webs.com