pulsa-logo

Memperbaiki Ponsel yang Mati Terkena Air


PULSA

Jum'at, 12 September 2014 • 16:46


ilustrasi, sumber: rtmc.net

Air adalah salah satu musuh bebuyutan  peralatan elektronik, tak terkecuali handphone. Pada saat rangkaian dalam ponsel terpapar oleh air, terlebih yang bersifat elektrolit, akan terjadi arus pendek. Yang berakibat  semua komponen elektronik termasuk IC beserta chip penyusun ponsel mengalami hubungan arus pendek dan tidak bisa bekerja secara normal. Apabila kondisi ini berlangsung dalam durasi yang cukup lama, akan mengakibatkan kerusakan yang permanen. Tak heran kita sering mendengar keluhan ponsel mati total akibat tersiram air atau kehujanan.

Apa yang harus dilakukan sewaktu ponsel kita terkena air? Jangan langsung panik, segera lakukan tindakan pertolongan pertama. Caranya? Silahkan simak tips berikut ini.

1. Saat ponsel baru kena air masih dalam keadaan aktif, segera matikan. Cabut  baterai secepat mungkin.

2. Pastikan HP kering di dalam atau di luar,dengan cara dilap dengan kain pengering. Atau bisa juga menggunakan hair dryer atau bahkan dijemur.

3. Setelah dipastikan kering dan bersih, coba nyalakan ponsel.

4. Apa bila ponsel masih belum bisa menyala, jangan terus dicoba. Kemungkinan masih ada air atau kotoran yang tersisa di dalam ponsel.


5. Siapkan peralatan khusus, obeng pembuka, kuas dan cairan pembersih (thinner atau IPA)

6. Bongkar ponsel Anda dengan hati-hati jangan sampai merusak casing dan komponen.

 

7. Bersihkan PCB dengan tiner menggunakan kuas, agar cairan bisa rata                  

8 .Tunggu Ponsel Anda sampai thinner kering  dan pasang kembali  HP anda, lalu coba hidupkan kembali. Coba nyalakan kembali ponsel kesayangan Anda. Selamat mencoba.  

Ditulis oleh

Staff pengajar V-Tiga Training Center

Pusat Pelatihan HP, Laptop, TV LCD, dan Komputer

Whatsupp : 081288508878

Pin BB : 26D7E1A0