pulsa-logo

Batere Cepat Habis? Kenali Penyebabnya! (Bag 1)


PULSA

Selasa, 16 September 2014 • 13:44


ilustrasi

Baterai boros, seringkali banyak pengguna ponsel mengeluhkannya. Banyak versi yang beredar mengenai hal ini. Ada yang bilang harus ganti batere, ada juga yang mengatakan ponselnyalah yang rusak. Ada pula yang menyarankan softwarenya harus diupgrade. Sebenarnya mana yang benar?

Banyak faktor yang menyebabkan batere cepat habis.  Memang bisa dari faktor hardware, tapi bisa juga dari faktor software. Jika dari faktor hardware, ukuran dan spesifikasi dari ponsel itu sendiri sangatlah menentukan pemakaian si batere. Taruhlah ponsel ukuran LCD yang kecil, dibanding tablet dengan LCD 7 inchi tentu berbeda konsumsi arusnya. Jauh dibutuhkan energi lebih besar yang ukuran tujuh inchi. Belum lagi dari aspek lain seperti lampu, suara, dan fitur fitur lainnya  perlu dipertimbangkan pula.

Hal lain adalah pemakaian IC dalam perancangannya. Pemakaian dan struktur ponsel Nokia, sangatlah lain dengan ponsel Cina. Walaupun fungsinya mirip, tapi konsumsi ponsel Cina sangatlah besar dibanding ponsel Nokia.

Ponsel ini memakai IC yang cenderung lebih murah. Tak ayal bila konsumsi arusnyapun luar biasa besar! Biasanya ponsel yang mempunyai brand yang baik, tidak akan sembarangan dalam merancang produknya. Mereka sangat memperhatikan pemilihan IC di dalamnya. Seperti Sonyericsson, dan Phillip dengan produknya yang sangat terkenal iritnya.

Nah bagaimana dengan Blackberry? Kenapa sebuah brand yang hebat justru terkenal borosnya? Tidak didukung oleh batere yang mumpuni. Sepertinya, di jaman Blackberry-lah kita baru mendengar lagi keluhan user tentang batere mereka.

Bersambung


Ditulis oleh

Staff pengajar V-Tiga Training Center

Pusat Pelatihan HP, Laptop, TV LCD, dan Komputer

Whatsupp : 081288508878

Pin BB : 26D7E1A0