pulsa-logo

Tips Mudah Penggunaan Blower Untuk Mengangkat IC BGA


PULSA

Sabtu, 11 Oktober 2014 • 14:36

Tips Mudah Penggunaan Blower Untuk Mengangkat IC BGA


Bagi para teknisi ponsel, blower adalah perangkat yang cukup vital dalam mencari makan. Mari  kita bahas masalah penggunaan dan perawatan pada blower. Agar blower selalu terawat dengan baik, dibutuhkan teknik khusus dalam penggunaan.  Dengan kata lain pemakaiannya tidak boleh asal-asalan.  Hal ini dilakukan agar blower bisa bertahan lama walaupun sering di gunakan.

Mungkin langkah-langkah berikut bisa dicoba:

1.    Siapkan blower.

2.    Nyalakan blower dengan setelan udara (air ) di satu sampai dua.

3.    Setelan  heater (panas ) di  300 sampai 400 derajat

4.    Setelah setelan diatur, angkat gagang blower. Pegang gagang blower secara vertical atau tegak lurus.  Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan daya panas yang akan di keluarkan oleh blower tersebut.

5.    Yang harus diperhatikan juga ialah jarak antara blower dengan komponen  yang akan dipasang ataupun dibongkar. Kira kira  berjarak antara setengah hingga satu cm.


6.    Proses pemanasan komponen dimulai. Arahkan angin panas ke komponen secara merata. Lakukan berkali-kali dan jangan terlalu lama hinga timah komponen atau IC yang mau diangkat sudah meleleh.

7.    Jika sudah terangkat, kembali letakkan gagang solder pada tempatnya. Diamkan beberapa saat hingga air dan heater menunjukkan ke angka 0

8.    Proses pendinginan dengan sendirinya harus dilakukan. Biarkan udara  mengeluarkan sisa panas yang masih ada. Kurang lebih setengah menit.

9.    Jangan pernah coba langsung mencabut listrik, setelah blower selesai dipakai, karena akan dapat mengakibatkan blower akan cepat rusak.

10.    Matikan blower dengan menekan power OFF.

Demikian cara praktis penggunaaan sekaligus perawatan blower dengan baik.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!

Ditulis oleh

Staff pengajar V-Tiga Training Center

Pusat Pelatihan HP, Laptop, TV LCD, dan Komputer

Whatsupp : 081288508878

Pin BB : 26D7E1A0