Atrk
ads skin gagal

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mengangkat IC

  • Tuesday, 28 October 2014 17:51
  • Published in Klinik
  • Read 5829 times
Prev
Next »

IC 1 Images Stories Imagesoktober2014 Thumb Other400 0

Dalam reparasi, terkadang ada satu atau lebih komponen yang perlu kita ganti. Ada yang mudah kita ganti seperti LCD, fleksibel, mic, speaker atau komponen yang lainnya. Penggantian itu mudah karena hanya cukup mengganti tanpa perlu melakukan penyolderan.

Namun jika kita sudah naik level, di mana reparasi sudah masuk ke level Board. Tentulah yang diganti sudah berbeda. IC yang rusak, ataupun komponen komponen elektronika lainnya adalah makanan sehari hari kita. Dikarenakan levelnya sudah meninggi, tentu jumlah orang yang mengerjakannya semakin sedikit, otomatis biaya reparasi semakin mahal.

Nah apa sajakah peralatan yang perlu dipersiapkan bila kita ingin masuk ke level tiga atau empat. Alat apa yang diperlukan untuk mengangkat IC? Beberapa alat di bawah perlu anda punyai agar mempermudah anda kerja.

Berikut ini beberapa alat yang bisa anda gunakan.

1. Solder

01 9 Images Stories Imagesoktober2014 Thumb Other400 0

Alat pemanas yang berfungsi untuk melelehkan timah. Sangat banyak jenisnya. Dari yang murah hingga yang mahal. Dari yang matanya kecil, hingga yang besar. Dari yang daya kecil hingga yang besar.

Biasanya para teknisi menggunakan solder yang seperti di atas. Bermata lancip dan berdaya 30 watt.

2. Hot Air Gun

02 7

Ini temannya solder. Namun dikarenakan prinsipnya adalah meniup udara yang panas ke komponen yang mau diangkat, maka daya jangkaunya lebih luas. Dapat menjangkau timah yang ada di bawah kaki IC (BGA) dan komponen kecil lainnya. Berbagai merek tersedia di pasar, tinggal anda cocokkan dengan kantong anda saja.

3. Timah gulung

03 8

Walau sudah jarang dipakai, tapi kita tidak boleh melupakan barang yang satu ini. Dalam mengangkat komponen terkadang kita memerlukan tambahan timah. Nah saatnya kita gunakan timah gulung ini.

Prev
Next »
Rate this item
(2 votes)
  • Last modified on Tuesday, 28 October 2014 18:03
  • font size