pulsa-logo

4 Langkah Memperbaiki Red Blink BlackBerry


PULSA

Rabu, 01 April 2015 • 18:31


gambar: red blink blackberry, sumber: ehowcdngambar: red blink blackberry, sumber: ehowcdn

Kasus Redblink memang sering terjadi pada BlackBerry. Gejala kerusakannya sangat khas, saat batere dipasang, layar ponsel sama sekali tidak menampilkan gambar. Hampir seperti ponsel yang mati total, namun perbedaannya ada pada indikator led berwarna merah yang berkedip. Jelas, ponsel dalam kondisi ini sama sekali tidak bisa difungsikan.

Tindakan pertama adalah kami mencoba masuk ke recovery mode nya, dan ternyata tidak ada. Lalu kemudian coba hubungkan ke PC, di device manager terdetect ADBnya, langsung saja kita beri perintah untuk wiping, namun hasilnya tetap nihil kondisi masih terhenti di bootloop.

Perbaikan kerusakan redblink tergolong rumit bagi sebagian orang. Kemungkinan penyebab kerusakannya pun bervariasi. Sebagian diakibatkan karena software bermasalah, namun tidak sedikit juga yang diakibatkan oleh kerusakan bagian hardware. Dalam prosedur perbaikannya, jelas kita dahulukan perbaikan kerusakan softwarenya. Kalau tidak menemukan hasil, barulah kita beralih ke sisi hardwarenya. Perbaikan softwarenya pun cukup rumit, dan harus disesuaikan dengan tipe chipset yang terpasang pada ponsel BlackBerry tersebut.

Padakali ini, VTIGA Kursus Teknisi Ponsel dan Laptop hendak membahas cara penyelesaian kasus redblik pada BlackBerry. Cara ini hanya berlaku pada BlackBerrydengan chipset Qualcom seperti 9900, 9930, 9810, 9860, dan 9850. Berikut adalah hal hal yang perlu dipersiapkan beserta langkah-langkahnya.

Langkah pertama:

- Repair Redblink dengan menggunakan software EFS repair. Bisa juga gunakan BLACKBERRYHH Tool, atau EFS Qualcom.



- Klik EFS repair atau Fix EFS Redblink. Tunggu proses hingga selesai.

Langkah Kedua:

- Setelah repair EFS selesai, biasanya BlackBerry akan dalam kondisi Error 513. Reload menggunakan Rapido sesuai dengan tipe BlackBerry masing-masing.

- Setelah prosestuntas biasanya BlackBerry akan kembali normal. Namun jika kita periksa, nomor imeinya akan berubah tidak sesuai dengan keterangan di belakang batre atau pada dusnya. Contohnya menjadi 004400.