pulsa-logo

Perbaikan Mati Total Advan T2c


PULSA

Selasa, 25 Agustus 2015 • 13:20

Advan vandroid T2c, smartphone, android, jual, beli, VTIGA, tablet, tabloid pulsa


Advan Vandroid T2CAdvan Vandroid T2C

Perkembangan Android yang begitu cepat, tentu saja tidak disia-siakan oleh para produsen ponsel di dunia. Terlebih lagi, karena bersifat 'open source', android bisa digunakan tanpa harus membayar royalti yang mahal. Tak heran, hampir semua pabrikan ponsel saat ini, menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Karena tidak semua ponsel menggunakan jenis Chip Processor yang sama, maka sistem operasi yang digunakan harus disesuaikan dengan tipe CPU yang digunakannya. Oleh sebab itu, kita tidak bisa dengan mudah mengisi firmware suatu ponsel. Firmware yang diisi harus sesuai dengan tipe dan merk dari ponsel tersebut.

Permasalahan yang paling sering dihadapi oleh rekan-rekan teknisi adalah, sulitnya mencari tipe firmware yang benar-benar cocok untuk ponsel android. Terutama ponsel yang merknya belum mendunia seperti Samsung, Sony dll. Bagaimana mengakali masalah tersebut? VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop akan membahasnya.

Kali ini VTIGA mendapat kasusAdvan T2C yang hardbrick akibat sebelumnya di flashing menggunakan firmware yang tidak cocok dengan seri cpunya, akibatnya tablet tidak mau menyala lagi. Saat dihubungkan dengan usb, PC tidak merespons sama sekali. Hal ini tentu saja berbeda dengan ponsel Android lainnya, pada saat dihubungkan ke PC via USB, PC akan mendeteksi perangkat baru sedang terpasang. Kondisi ini disertai dengan gejala bahwa ponsel tersebut tidak bisa masuk recovery mode. Memang untuk android yang memiliki cpu tipe RockChip memiliki kemungkinan hardbrick apabila gagal flashing. Oleh karena itu VTIGA akan membagi pengalaman cara-cara memperbaikinya.

Bahan – bahan yang diperlukan, antaralain :

1. RockchipUsbUsb Driver, download dan di install

2. Rockchip Batch Tool


3. Firmware Rockchip yang berformat *.img

Cara perbaikannya :

1. Karena tablet sudah tidak terdeteksi lagi di PC maka perlu kita pancing dengan meng-short kan kaki-kaki pada cpunya, jadi harus di bongkar dulu. Terlihat pada gambar disamping, CPU Rockchip memiliki pin di ke-empat sisinya. Pada gambar terlihat kaki mana saja yang perlu dihubungkan secara manual. Perhatian, jangan sampai salah menghubungkan kaki, salah-salah, CPU malah jadi rusak permanen.

2. Sebisa mungkin driver RockchipUsb driver, jangan sampai salah terinstall.Jika sudah benar, nantinya akan terdetect di device manager seperti ini.

3. Setelah itu buka Rockchip batch tool.

(1)  Masukkan firmware yang sudah di download

(2) Karena sudah terdeteksi rockchip drivernya otomatis pada kotak nomor 1 akan menyala, dan menandakan tools sudah bisa mendeteksi

(3) Apabila sudah siap semua tinggal klik tombol "upgrade"

4. Muncul pada tools progress bar flashingnya.

Apabila muncul log "Upgrade Done Success" bearti flashing sudah selesai

5. Setelah itu masukkan tablet ke recovery mode dengan menahan power dan volume atas, setelah logo advan muncul lepassaja power dan tetap menahan tombol volatas, setelah itu pilih wipe data/factory reset dan wipe cache partition, akan muncul gambar seperti di bawah ini.

6. Setelah selesai di wiping kembali hidupan tablet seperti biasa, alhasil kita berhasil mengUnbrick tablet advan T2C.

Disusun oleh:

Tayung, ST

Ridwan Efendi, ST

Staff Pengajar V-TIGA Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel.

www.vtiga.com