pulsa-logo

Trik Perbaikan Mati Total pada Samsung Galaxy S5


Kurdi

Selasa, 30 Mei 2017 • 11:52


Dalam kurikulumnya, Pusat Pelatihan Vtiga memiliki sebuah sesi menarik bernama Studi Kasus. Peserta pelatihan boleh membawa handphonenya yang rusak dan kemudian dibahas bersama-sama di dalam kelas, sehingga mereka dapat belajar menerapkan ilmu perbaikan yang baru mereka pelajari.

Nah dalam salah satu kesempatan, ada kasus menarik dimana salah seorang peserta membawa Samsung lawas, yakni Galaxy S5 yang memiiki kondisi kerusakan mati total.

Sebenarnya memperbaiki handphone itu tidaklah rumit. Baik yang mati total yang tengah kita bahas kali ini, atau pun keursakan ponsel pada umumnya. Yang pasti kita membutuhkan beberapa bekal. Bekal ilmu, alat, serta keberanian. Banyak orang hanya berani saja, tapi mereka tidak berbekal ilmu dan alat, ponsel akan jadi hancur. Kalau hanya punya alat dan keberanian saja , handphone rusak kita akan jadi bahan praktek saja. Bisa terjadi malpraktek.

Sebuah ponsel yang mati total pertama sekali kita perlu periksa arusnya dengan menggunakan sebuah alat reparasi bernama power supply. Begini penampakannya

Memang banyak triknya dalam menganalisa kerusakan. Seperti kasus di atas. Dan ketika diperiksa didapatlah bahwa ada hubungan arus pendek pada bagian power supply. Apakah si IC power yang bermasalah? Ini adalah IC power di dalam skema.



Posisi IC powernya

Banyak teknisi dalam memperbaiki hp, mereka hanya asal ganti saja. IC power memang mengindikasikan adanya kerusakan, ada panas berlebih yang dirasakan. Tapi untunglah mereka diberikan satu arahan oleh instruktur Vtiga. Ponsel tersebut diukur kembali dengan teliti, dan ditemukanlah adanya satu jalur yang benar benar koslet, yaitu jalur VPH_PWR.

Dari jalur tersebut, kita telusuri lagi manakah komponen yang bermasalah. Dengan trik khusus yang diajarkan ke para peserta kami, sang peserta pun melacak bagian manakah yang bermasalah. Ternyata ditemukanlah di komponen ini letak permasalahannya.

 

Ada dua buah kapasitor yakni C903 serta C948 yang rusak. Posisinya ada di sini

Tepatnya di sini :

Kedua kapasitor adalah biang keladinya. Dengan mengganti kedua kapasitor tersebut, ponsel kembali normal. Harga kapasitor sangatlah murah, tapi teknisi bisa mengenakan biaya ratusan ribu untuk kerusakan seperti ini.

Kita lihat sebenarnya tidaklah sulit memperbaiki ponsel Samsung S5 yang mati total bukan? Dengan catatan kita harus  mengerti benar langkah langkah perbaikannya. Kita juga dituntut bisa membaca jalur skema, tapi jangan khawatir, anda bisa pelajari semua di Vtiga kursus handphone. Anda ingin memperdalam minat anda untuk mendapatkan penghasilan dari perbaikan handphone? Segera bergabung bersama kami! Jangan tunggu lagi!