pulsa-logo

Perbaikan Mic Samsung J1


Kurdi

Selasa, 12 September 2017 • 13:34


Permasalahannya sebenarnya sederhana sekali, yaitu micnya tidak berfungsi. Dalam perbaikan smartphone, kerusakan seperti ini digolongkan level 1 dan 2, karena perbaikannya tinggal mengganti modul micnya saja.  Tapi anehnya kasus ini sudah berpindah-pindah tangan dari satu teknisi ke teknisi lainnya, dan semua angkat tangan. Menarik bukan?

Pertama-tama, kita bongkar dulu Samsung J1 nya

Lepas dulu casingnya. Gunakan pencungkil yang aman terhadap casing

Nah jika terlepas, seperti ini



Lepas konektor fleksibel yang ada di board, mulai dari konektor LCD, konektor handsfree, dan lainnya.

Nah jika sudah, kita bisa angkat boardnya. Nanti kita bisa lihat modul mic yang bermasalah

Tampak Mic ini sudah pernah diganti oleh teknisi sebelumnya. Dan sekali lagi, kita ukur baik tidaknya mic ini. Ternyata mic ini masih bagus. Pemeriksaanpun dilanjutkan

Selain mic, ada jalur jalur maupun komponen yang perlu juga diperiksa, seperti yang ditunjuk oleh gambar di atas. Memang sering kali kerusakan dari satu fungsi bukan disebabkan oleh rusaknya komponen utama. Terkadang hanya disebabkan oleh komponen pendukung.

Pada kasus ini, jalur ataupun komponen pendukung masih normal adanya. Nah, bagaimana penyelesaiannya? Setelah diteliti lagi melalui skema maupun blok diagram yang ada, dan juga beberapa hasil pengukuran berkaitan dengan rangkaian mic, disimpulkanlah IC ini yang bermasalah!

IC ini adalah IC power. Lho kok ic power yang rusak? Iya karena IC power ini sudah combo, ada banyak fungsi di IC ini, termasuk bagian audio. Dan memang setelah dieksekusi, mic pun kembali normal. Memang kasus ini jarang terjadi, kebanyakan yah hanya sebatas Mic ataupun komponen pendukungnya. Ini boleh dibilang kasus yang luar biasa langka terjadi.

Tapi dengan berbekal Analisa yang kuat, dan juga pemahaman yang mendalam, kitapun bisa memperbaikinya. Ingin memperdalam ilmu perbaikan smartphone ? Ingin dapat penghasilan dari sini? Mari belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop  ! Sukses untuk anda !

Pertanyaan untuk edisi kali ini:

    Komponen apakah yang bermasalah pada kasus mic di atas?