Atrk
ads skin gagal

Perbaikan Mati Total Pada iPhone 6

  • PULSA
  • Tuesday, 26 September 2017 10:54
  • Published in Klinik
  • Read 1057 times

 

Apple adalah salah satu raksasa "lama" di dunia smartphone. Lahir jauh sebelum era android, mendahului keberadaan android. Di sekitar tahun 2007, iphone pertama diluncurkan. Uniknya adalah iphone menggunakan operating system yang berbeda dengan yang ada saat itu, yakni IOS. Dengan fitur yang cukup luar biasa saat itu, perlahan-lahan mencuri hati sebagian pengguna gadget. Hingga saat inipun, iphone masih eksis terbukti dengan diluncurkannya iphone X baru baru ini.

Bagaimana dengan kelemahannya? Oh tentu tidak ada gading yang tak retak, begitu pula produk dari raksasa Apple ini. Walau ios bukan sebuah platform yang opensource, tetap saja ada titik lemahnya. Dan juga dari sisi hardware,  walau begitu diproteksi dengan banyak pengaman di segala penjuru perangkat kerasnya, tetap saja ada kelemahannya.  Ada yang rusak juga !

Banyak teknisi yang mengatakan bahwa memperbaiki apple lebih sulit dibandingkan memperbaiki smartphone lainnya seperti android. Ada benarnya, karena memang desain dari apple cukup komplek. Susunan IC nya sangat berdekatan, dan juga IC yang ada di smartphone apple sangat mudah rusak, terutama bila terkena panas berlebih. Jadi memang ada trik khusus dalam memperbaiki sebuah smartphone apple, khususnya iphone.

Nah kali ini, VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan membahas bagaimana cara memperbaiki salah satu produk unggulan dari apple yang saat ini sedang banyak dipakai oleh para gadgeter yakni iphone 6. Kebetulan di satu sesi studikasus, seorang peserta pelatihan membawa sebuah smartphone iphone 6 yang mengalami mati total. Langsung saja kita bongkar iphone tersebut dan diperiksa.

Dari hasil pengamatan, didapati bahwa adanya ketidaknormalan pada IC power. Dalam satu perbaikan smartphone terutama pada smartphone apple, analisa memang penting, tapi kita tidak bisa mengesampingkan pengukuran. Karena dari sanalah kita bisa memastikan apa yang harus kita lakukan selanjutnya. Banyak teknisi di luar sana yang tidak melakukan hal ini. Entah karena mereka malas, atau mereka tidak tahu. Nah di VTiga para calon calon teknisi ini diajarkan selalu untuk mengukur dan mengukur agar tidak salah dalam melangkah.

Mari kita lihat skematik diagram dari IC power pada iphone 6 ini.

Image001 Images Data 2017 September Thumb Other400 0

Fungsi dari ic power ini selain untuk menghasilkan tegangan adalah untuk pengontrol vibrator, 32Khz oscilator, dan juga bagian charger. Nah bagaimanakah cara mengukur dan memastikan IC ini baik adanya?

Selanjutnya adalah sang muridpun mengukur titik titik penting dalam pengukuran IC power pada iphone 6 ini.

Memang banyak sekali tegangan yang keluar dari IC ini, tapi kita cukup mengukur tiga titik yang bisa mewakili baik tidaknya IC ini. Yang pertama adalah tegangan untuk Cpu sebesar 1 volt

Image003 Images Data 2017 September Thumb Other400 0

Ukur di komponen di atas. Selanjutnya adalah tegangan sebesar 1,8 Volt

Image005 Images Data 2017 September Thumb Other400 0

Ukur di komponen di atas! Dan terakhir adalah tegangan sebesar 1,2 Volt

Image007 1 Images Data 2017 September Thumb Other400 0

Ketiga tegangan di atas adalah tegangan yang keluar atau dihasilkan oleh IC power. Dari begitu banyak tegangan output ketiga tegangan inilah yang diukur oleh sang murid, dan ternyata memang tegangannya tidak normal. IC power bermasalah, perlu diganti. Setelah diganti, maka iphone 6 tersebut kembali normal.

Memang dalam memperbaiki sebuah smartphone, kita perlu smart juga agar tidak terkecoh dalam melangkah. Mari belajar di VTiga kursus, hanya dalam waktu satu bulan, anda kami didik menjadi teknisi yang profesional.

Pertanyaan untuk edisi kali ini:

Tegangan Apa Saja  Yang Diukur Pada Iphone 6 Di Atas?

Rate this item
(0 votes)