pulsa-logo

Cara Perbaikan Mati Total LG V10


Kurdi

Senin, 23 Oktober 2017 • 17:52


Keberadaan LG sebenarnya dikenal sebagai sebuah brand di bidang barang elektronik. Sebut saja elektronik rumahan seperti kulkas, mesincuci, TV, dan lain sebagainya. Tapi siapa sangka kiprahnya di dunia smartphone pun cukup sukses di pasaran dunia. Terbukti dengan suksesnya LG meluncurkan banyak produk gadgetnya.

Kalau dari fitur, smartphone LG tidak diragukan lagi. Tapi banyak orang meragukan dari sisi purnajualnya. Apakah smartphone ini bisa diperbaiki? Bagaimana dengan sparepartnya ? Tapi apapun jenis smartphonenya serta mereknya, VTiga selalu mengupdate diri untuk mengikuti perkembangan jaman. Sebab seorang teknisi harus bisa survive di segala merek dan segala keadaan, itulah prinsip yang dipegang teguh olehVTiga. Seperti kali ini, VTiga akan membahas bagaimanakah cara memperbaiki LG V10 yang mati total.

LG V10 atau dalam kode mesinnya adalah LG-H901 merupakan sebuah smartphone yang cukup mewah di jamannya. Dikemas dengan processor snapdragon 808, dengan 4GBRam, dan kamera 5MP/16MP cukuplah membuat banyak orang jatuh hati. Saat ini, sudah banyak beredar LG ini di tempatservis. Bagaimanakah cara perbaikannya?

Kebetulan ada seorang peserta yang membawa ponsel berjenis ini dengan kerusakan mati total. Pertama sekali, yang diperiksa adalah memeriksa arusnya ! Dari sini, kita banyak bisa tahu kira kira di mana letak kerusakan dari ponsel yang rusak ini. Nah, dari hasil Analisa awal, ditemukanlah adanya keganjilan pada sistem powernya. Langsung saja LG ini dibongkar.

Buka bautnya !



Buka casingnya !

Ini penampakan mesinnya

Lepaskan motherboardnya untuk diukur!

Setelah terlepas motherboardnya, kita perlu ukur dengan benar benar teliti. Sebab berdasar hasil pengukuran inilah, kita bisa ketahui mana letak kerusakannya! Pertama adalah lakukan pengukuran di titik ini

Titik kapasitor di atas, sewaktu diukur ada tegangan sebesar 1,8 Volt. Benar! Lanjut lagi ke titik berikutnya.

Di titik kapasitor ini, harus ada tegangan sekitar 2,2 Volt. Dan ternyata, tegangankurang ! Hanya ada tegangan di bawah 1 Volt. Sudah jelas masalahnya sekarang. IC power bermasalah !

Memang smartphone semakin sederhana dalam struktur hardwarenya. Tapi dalam sebuah perbaikan smartphone, kita tidak bisa main sikat saja. Hantam kromo tanpa melakukan pengukuran. Itulah yang banyak dikerjakan oleh banyak teknisi saat ini. Kerja tanpa Analisa! Hasilnya tidak bisa maksimal. VTiga hadir di Indonesia untuk melakukan pelatihan yang benar kepada para pesertanya supaya mereka bisa memperbaiki smartphone denga ncara yang tepat dan benar. Apakah anda ingin bergabung????

Pertanyaan untuk edisi kali ini:

Komponen apakah yang bermasalah pada kasus di atas?