pulsa-logo

Saat iPhone 6 Tak Bisa Di-charge


Kurdi

Kamis, 09 November 2017 • 13:26

iPhone 6 not charger, Saat iPhone 6 rusak, service iPhone 6, kendala iphone 6 rusak


Salah satu masalah klasik yang ditemui teknisi di lapangan adalah masalah pengisian batere. Karena pemakaian smartphone yang begitu intens, tak heran bila seorang pengguna harus menyiapkan hal hal supaya smartphone mereka bisa bertahan minimal selama sang pengguna berada di luar. Beberapa opsi antara lain dengan mempersiapkan powerbank di mana di saat batere sudah menipis, tinggal kita hubungkan dengan power bank, dan smartphone kita diisi kembali baterainya.

Pilihan lainnya adalah dengan selalu menenteng charger ke manapun kita pergi. Cara ini lebih praktis karena charger biasanya lebih ringan dibanding powerbank. Tapi satu kelemahannya adalah kita perlu mencari sumber listrik ac. Ada lagi satu cara yang dipakai oleh sebagian orang yaitu dengan membawa baterai cadangan.

Tapi semua opsi yang ada tetap berujung pada pengisian batere. Dan proses pengisian baterenya kebanyakan menggunakan rangkaian charger yang terdapat pada si hp itu sendiri. Kecuali bagi mereka yang menggunakan charger eksternal, yang langsung mengisi batere tanpa melalui rangkaian di handphone.

Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan membahas bagaimana cara memperbaiki masalah iphone yang tidak bisa diisi baterainya. Berhubung yang sedang marak di tempat servis saat ini adalah iphone generasi 6, kali ini kita bahas di iphone 6s.

Pertama kali, jika anda menghadapi masalah tidak bisa charging pada sebuah iphone, yang perlu pertama kali dicurigai adalah charger serta kabelnya. Periksa benar kedua barang ini. Periksa  fisiknya, apakah ada masalah. Jika memungkinkan, coba dengan charger ataupun kabel dari iphone teman anda yang memang  bagus.

Selanjutnya yang perlu diperiksa adalah konektor charger dari ponsel kita. Memang ini rada sulit diperiksa, tapi coba goyangkan, apakah ada perubahan. Sering kali konektor yang bermasalah dimulai dari koneksinya yang kurang bagus.


Jika konektor ini bermasalah, tinggal kita ganti konektornya. Tanpa solder andapun bisa melakukannya. Cukup bongkar dengan hati-hati, lalu ganti modul konektornya. Tapi memang dianjurkan jangan mencobanya sendiri bila anda belum pernah sama sekali. Agak rentan!

Selanjutnya yang bisa jadi tersangka adalah masalah di bagian motherboardnya. Anda perlu bongkar semuanya, lalu lepaskan  motherboardnya. Ada sebuah IC yang memang kerap bermasalah. Inilah skemanya.

Ic ini adalah IC utama dalam proses charging. IC ini bertanggung jawab atas kerja charging pada iphone 6s. IC ini sering sekali bermasalah. Gejalanya adalah iphone tidak bisa dicas, ataupun terkadang dalam posisi tertentu baru bisa dicas, missal posisi mati. Dan IC ini sangat rentan rusak. Banyak teknisi yang menggantinya!

Harganya? Tidak mahal, tapi ongkosnya fantastis. Untungnya lumayan lho. Tak heran banyak orang yang ingin menjadi teknisi smartphone. Anda ingin juga? Yuk belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop ! Sukses untuk anda !

Pertanyaan untuk edisi kali ini:

Sebutkan Beberapa Faktor Penyebab Iphone Tidak Bisa diisi baterainya !