pulsa-logo

Perbaikan iPhone 7 Plus Mati Total


PULSA

Senin, 12 Februari 2018 • 16:42

klinik, iphone 7 plus


Apple iPhone 7 Plus (Apple)Apple iPhone 7 Plus (Apple)

Sampai hari ini, Apple dikenal sebagai produsen barang-barang berteknologi tinggi yang memiliki reputasi terbaik di dunia. Tak heran setiap produk yang dihasilkannya diserbu para konsumen. Akhir tahun 2016, Apple merilis iPhone 7 plus. Ponsel ini digadang-gadang yang terbaik saat itu. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, produk ini terserap baik di pasar.

Walaupun sudah dirancang sempurna, tidak berarti ponsel ini kebal rusak. Jika dipakai secara tidak semestinya, pasti muncul banyak masalah serta barmacam kerusakan. Mulai dari masalah layar, audio, signal sampai mati total bisa dialami oleh penggunanya. Yang paling merepotkan adalah kerusakan mati total.

Pada artikel kali ini, VTIGA Kursus Service HP dan Laptop akan menguraikan cara perbaikan HP iPhone 7 plus yang mati total.

Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana memperbaiki iPhone 7 Plus yang mati total. Tentu, untuk memahami cara perbaikannya, kita perlu mengerti cara kerja dari si ponsel yang rusak tadi. Dalam sebuah HP, mati atau nyala bergantung pada kerja dari CPU-nya. Selama program yang tersimpan dalam IC Flash (Memori internal) belum dikerjakan, HP pasti mati total. Namun, kita tidak bisa hanya memvonis CPU-nya saja yang rusak. Sebelum CPU bisa bekerja, banyak persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja itu? Tentu tegangan listrik harus tersedia, begitu pula dengan signal Clock serta signal Reset. Semua ini harus terpenuhi dahulu, salah satu dari persyaratan ini bermasalah, CPU dipastikan tidak bisa bekerja, dan HP pun mati total. Selanjutnya kita harus memastikan lagi rangkaian pada ponsel tidak ada yang terhubung singkat dan program yang tersimpan di memori internal HP dalam kondisi baik.

Dari yang sudah dibahas diatas, kita melihat banyak yang perlu diperiksa. Jika kita langsung tertuju ke mereka, cukup banyak waktu, tenaga dan konsentrasi. Kita perlu mempunyai strategi untuk menghemat waktu dan tenaga. Kita bisa membalik alur pemeriksaan, periksa dahulu kondisi kerja CPU, baru jika ditemukan CPU tidak bekerja, barulah semua tegangan kerja, Clock, Reset dan lainnya baru kita periksa. Pada dasarnya, asalkan CPU sudah bisa bekerja dengan baik, rangkaian-rangkaian lain yang disebut di atas tidak perlu lagi diperiksa. Oleh karena itu, kita mengedepankan pemeriksaan CPU. Salah satu trik pemeriksaan CPU yang tercepat dan termudah adalah menggunakan PC. Dengan menghubungkan ponsel ke PC melalui port USB menggunakan software iTunes kita dapat melihat komunikasi antara PC dan iPhone 7 plus.

Analisanya sederhana saja, jika PC bisa mendeteksi adanya iPhone 7 plus yang terhubung, artinya CPU dalam ponsel masih bisa bekerja dan mampu berkomunikasi dengan PC. Sebaliknya, kalau PC tidak bisa mendeteksi iPhone yang kita hubungkan, kita bisa simpulkan kalau CPU dalam HP belum bekerja.


Selanjutnya, kalau koneksi sudah terjalin antara PC dan HP, kita tinggal mengisi Firmware ke dalam ponsel tersebut. Yang paling merepotkan adalah jika antara PC dan HP tidak ada komunikasi alias HP tidak terdeteksi. Tentu, kita tidak langsung menuduh CPU rusak dalam kondisi tersebut. Ada yang perlu kita periksa terlebih dahulu sehubungan dengan masalah CPU tidak bekerja. Diantaranya adalah rangkaian Power Supply yang mendistribusikan tegangan listrik ke CPU dan IC-IC lainnya, bagaimana signal Clock serta signal Reset. Kita harus pastikan semua persyaratan yang dibutuhkan oleh CPU sudah ada atau tidak.

Pengecekan kita mulai dengan memeriksa tegangan listrik yang dibutuhkan, tegangan ini dihasilkan oleh  rangkaian Power Supply yang berpusat pada sebuah IC Power. Kita bisa lihat letaknya di gambar berikut.

Fungsi dari IC power ini adalah mengubah tegangan dari baterai yang sebesar 3,7 volt menjadi tegangan yang dibutuhkan oleh IC-IC lain di ponsel. Perlu diingat, setiap IC pada ponsel mempunyai kebutuhan tersendiri tentang berapa tegangan listrik yang dibutuhkan. Jika tegangan yang dikirim tidak sesuai, IC-IC pada ponsel tidak bisa bekerja, bahkan bisa rusak kalau tegangan yang diberikan lebih dari yang dibutuhkan.

Tegangan apa saja yang perlu diukur?

•    PP_CPU_VAR sebesar 1,1 volt

•    PP_CPU_SRAM_VAR sebesar 1,1 volt

•    PP_GPU_SRAM_VAR sebesar 1 volt

•    BUCK1_PP_GPU_FB sebesar 1 volt

•    PP1V1 sebesar 1,1 volt

•&nbs;   PP0V9_SOC_FIXED sebesar 0,9 volt

Di mana titik pengukuran tegangan tersebut? Lihat gambar berikut ini.

Jika salah satu tegangan tersebut tidak ada, perhatikan jalur dari IC power, apakah ada yang putus? Jika tidak ada jalur yang putus, IC power harus diganti.

Seringkali, pada kasus kerusakan iPhone 7 plus yang mati total, saat diperiksa, semua tegangan kerja tidak ada sama sekali. Pada jenis kerusakan yang ini, kita tidak boleh langsung menunjuk IC Power rusak. Tanpa listrik dari baterai, IC Power mustahil bisa bekerja. Untuk itu kita perlu mengukur jalur baterainya menuju IC power. Jalur baterai yang bermula dari konektor baterai akan disambung ke IC Current Gauge. Vbat keluaran dari IC ini, akan dikirim ke IC Power. Jalur distribusi listrik ini tidak boleh terganggu atau terputus. Untuk jelasnya lihat gambar berikut.

Jika salah satu dari jalur di atas putus, maka harus disambung menggunakan kawat jumper.

Selain mengukur jalur baterai, ada lagi yang perlu dipastikan, yaitu saklar on-off dan jalurnya menuju IC Power. Jika jalur atau saklar on-off ini bermasalah, iPhone 7 plus tidak bisa dinyalakan, namun jika dihubungkan ke charger, HP masih bisa mengisi.

Jika putus, jalur di atas harus disambung. Mudah bukan?

Jika anda ingin menjadi seorang teknisi smartphone yang professional, atau anda ingin membuka gerai reparasi smartphone, anda bisa belajar ilmunya semua di VTiga pelatihan teknisi smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!