pulsa-logo

Trik Perbaikan Mati Total OPPO Neo 5


PULSA

Senin, 12 Februari 2018 • 17:17

klinik, oppo neo 5


Oppo Neo 5 (OPPO)Oppo Neo 5 (OPPO)

Bagi anda pengguna OPPO, anda jangan khawatir tentang cara perbaikan smartphone anda. Tidaklah sulit! Atau bagi anda yang kebetulan sedang menemui masalah smartphone OPPO yang mati total, mungkin artikel VTiga kali ini bisa anda jadikan acuan. VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop kali ini ingin mengupas tentang cara memperbaiki smartphone OPPO yang mati total. Contoh yang dipakai kali ini adalah OPPO Neo 5. Yuk simak ulasannya!

Banyak orang awam yang hanya mengetahui bahwa kerusakan mati total disebabkan oleh rusaknya IC Power. Padahal begitu banyak hal yang bisa menyebabkan rusaknya sebuah smartphone. Mulai dari yang sepele seperti baterai, masalah software, sampai kerusakan IC. Nah untuk mengetahuinya, ada beberapa titik pengukuran dan beberapa hal yang perlu diukur terlebih dulu. Pertama tentu kita perlu membongkar smartphone OPPO ini terlebih dulu.

Setelah terbuka, bongkar lagi hingga kita bisa mendapatkan motherboard-nya. Pastikan sebelum kita beranjak ke perbaikan motherboard, baterai dan charger sudah baik adanya. Nah inilah yang dinamakan IC power, yang konon merupakan penyebab sebuah smartphone mati total!

Janganlah kita langsung memvonis kerusakan ada di IC ini sebelum anda mengukur beberapa besaran berikut ini:

Pertama ukur jalur saklar! Pastikan dengan benar, bahwa jalur ini tidak bermasalah. Koneksi yang tidak baik dengan modul saklar akan menyebabkan matinya smartphone.


Berikutnya adalah sumber tegangan yakni tegangan baterai yang menuju ke IC power.

Tegangan di atas kita harus pastikan normal tidaknya. Ketidaknormalan jalur ini, akan membuat IC power tidak bekerja.

Titik berikutnya adalah titik tegangan di bawah ini!

Di gambar atas, ada titik yang harus ada tegangan 1,1 Volt.

Kalau yang ini ada tegangan sebesar 2,8 Volt.

Selanjutnya adalah tegangan 1,8 Volt. Dengan mengukur, kita bisa memastikan IC manakah yang rusak. Jadi kita bisa menjadi teknisi yang professional, bukan teknisi yang asal tebak dan asal ganti, hanya mendengar kata orang yang sering rusak saja. Yuk, kalau anda ingin jadi seorang teknisi yang handal, silahkan bergabung untuk belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop ! Sukses untuk anda!