pulsa-logo

Perbaikan No Charging pada Tablet Advan


PULSA

Senin, 12 Februari 2018 • 19:33

klinik, advan, advan s5l


Advan S5L (advan)Advan S5L (advan)

Karena sering kali proses charging dilakukan oleh pengguna, dan didukung pula oleh penggunaan handphone yang kini sudah lebih meluas menyebabkan sering kali masalah ada pada bagian chargingnya. Dulu kita hanya menggunakan handphone untuk komunikasi saja, namun lihat sekarang, handphone sudah melebar fungsinya, bahkan hingga ke kehidupan kita sehari hari. Makanya tak heran bila baterai sebuah smartphone cepat sekali habis.

Belum lagi dengan layar handphone yang membesar pula. Layar yang besar otomatis menambah kebutuhan daya sebuah smartphone. Kebutuhan listrik sebuah handphone yang kecil dibanding dengan smartphone yang memiliki layar besar tentu lebih boros baterainya yang smartrphone dengan layar besar. Tak heran saat ini bila pengisian batere sebuah smartphone kini menjadi hal yang penting serta mendesak, bisa dilakukan berkali kali dalam sehari, dan di sini pulalah titik permasalahan timbul.

Kasus pengisian batere atau charging sering dijumpai di pasaran. Apalagi di tempat tempat servis. Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi bagaimana cara memperbaiki masalah pengisian batere ini. Khususnya kita akan membahas pada tablet Advan Vandroid S5L. Bagaimanakah langkah perbaikannya? Yuk simak ulasan VTiga berikut ini.

Pertama tama kita periksa dulu chargernya. Jangan terkecoh dengan indicator. Kadang indicator bagus, tapi proses charging tidak terjadi atau lama sekali. Cara tercepat dan termudah adalah kita coba ganti dengan charger lain yang bisa dipastikan bagus.

Berikutnya setelah memastikan charger baik atau tidak, selanjutnya kita masuk ke koneksi chargernya. Perhatikan konektor chargernya. Sering kali kerusakan hanya terjadi pada modul atau bagian konektor charger saja.

Kalau memang masalah pada konektornya, ya satu satunya jalan kita ganti!


Yang repot adalah bila masalah bukan di konektornya ataupun di chargernya. Lantas di mana lagi? Yuk periksa jalurnya!

Foto di atas adalah titik tempat masuknya tegangan ke motherboard handphone Advan ini. Di titik inilah tegangan charger masuk. Dan dari sini, tegangan charger akan dikirim ke titik berikut.

Jadi kita perlu ukur juga pada titik di atas, apakah ada tegangan sebesar 5 Volt ketika kita colokkan charger. Kalau tidak ada, artinya ada putus jalur! Jalur penting berikutnya yang perlu kita perhatikan adalah jalur charger di mana tegangan charger keluar dari IC charger menuju ke baterai. Di sinilah jalurnya!

Jalur tegangan output yang menuju ke konektor baterai ini perlu juga diukur baik tidaknya. Sebab jangan sampai jalur putus, kita salah menganalisa. Yang ada adalah tindakan yang tidak benar dilakukan. HP tidak jadi, habis tenaga dan waktu saja.

Jika anda benar-benar ingin serius dalam mempelajari trik perbaikan smartphone ataupun laptop yang baik dan benar, anda bisa belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!