pulsa-logo

Cara Perbaikan Software Xiaomi Mati


PULSA

Rabu, 28 Februari 2018 • 17:54

xiaomi, klinik, vtiga, xiaomi mi a1


Xiaomi Mi A1 (Mi.com)Xiaomi Mi A1 (Mi.com)

Banyak orang mengasumsikan kerusakan mati total dengan kerusakan IC Power. Memang benar adanya bila rusaknya IC power bisa menyebabkan sebuah smartphone menjadi mati total. Tapi tidak serta merta kerusakan mati total penyebabnya adalah IC power saja. Di kalangan teknisi android terutama, kita mengenal adanya kerusakan sebuah IC yang bernama eMMC. Sebuah IC yang berperan penting dalam kinerja sebuah smartphone. eMMC ibarat harddisk di sebuah komputer, berfungsi untuk menyimpan data pengguna ataupun menyimpan Operating system yang nantinya akan dijalankan oleh si smartphone sewaktu mau bekerja.

Kerusakan IC ini juga sudah mewabah di dunia reparasi saat ini. Tapi sekali lagi kerusakan ini tidaklah bisa disamaratakan untuk semua smartphone yang mati total. Masih banyak kerusakan kerusakan lain yang bisa mengakibatkan smartphone anda mati total. Salah satunya adalah kerusakan software. Kerusakan software boleh jadi merupakan kerusakan yang tidak membutuhkan penggantian sparepart secara hardware, namun memerlukan satu proses perbaikan perangkat lunaknya. Apakah sulit? VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop kali ini akan membahas bagaimana cara memperbaiki hp yang mati secara software. Khususnya contoh yang dipakai kali ini adalah pada Xiaomi Mi A1. Yuk simak caranya!

Tentu perbaikan software memerlukan perangkat perangkat tambahan yang perlu dipersiapkan, seperti :

1. Komputer atau laptop

2. Data file firmware smartphone yang ingin kita perbaiki

3. Satu software perantara. Dalam kasus ini kita membutuhkan software Mi Flash 2016

4. Pinset


5. Obeng

Setelah semua bahan kita persiapkan, apa langkah selanjutnya? Bongkar smartphone Xiaominya. Dimulai dari melepas tempat simcardnya dengan menggunakan jarum. Selanjutnya kita buka baut yang ada di bagian bawah smartphone.

Buka casing penutupnya hingga kita bisa melihat baterai dan motherboardnya. Lalu lepas konektor-konektor seperti pada foto di bawah ini.

Ada sebuah langkah kecil yang kita harus lakukan. Yakni kita masukkan Xiaomi ini ke mode EDL. Sehingga terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB loader 9008. Lihat foto di bawah ini, ada titik yang harus dihubungkan.

Lalu coba hubungkan dengan usb kembali. Kalau terhubung dengan benar, akan terbaca di device manager seperti ini.

Nah, kalau sudah masuk ke mode ini, tinggal kita lakukan pengisian kembali firmwarenya. Sederhana, tinggal pakai Mi Flash 2016. Jalankan saja software ini jika anda sudah memilikinya.

Software ini adalah software yang dibuat agar pengguna mudah memakainya. Cukup klik dan drag saja pada menu select, dan arahkan ke folder firmware yang kita ingin masukkan. Dalam hal ini adalah Xiaomi Mi A1.

Sebelum lakukan flash, kita perlu klik dulu refresh. Ini untuk mendeteksi port yang tersedia.

Jika proses flash sudah selesai dilakukan. Tampilan akan seperti gambar di atas. Kita boleh mencoba menyalakannya. Jika benar masalah hanya pada kerusakan software saja, karena kita sudah menulis ulang softwarenya, seharusnya smartphone xiaomi kita sudah kembali normal.

Mudah bukan? Sederhana pula bukan? Tidak perlu alat yang mahal untuk bisa memperbaiki smartphone. Cukup dengan komputer kita yang ada di rumah, kita bisa mencari uang dari sana. Apakah anda berminat untuk mencari nafkah dari perbaikan smartphone atau laptop? Kenapa anda tidak langsung belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop? Sukses untuk anda!