pulsa-logo

Trik Perbaikan Mati Total Pada Samsung Galaxy S6


PULSA

Selasa, 27 Maret 2018 • 06:50

samsung galaxy s6, vtiga, klinik


Samsung Galaxy S6 (VTIGA)Samsung Galaxy S6 (VTIGA)

Pada beberapa kesempatan, peserta pelatihan teknisi hp VTiga kerap membawa serta smartphone yang masih dalam proses perbaikan. Hal ini sudah lazim terjadi di tempat kursus VTiga. Banyak dari mereka yang berasal dari luar kota tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk dapat menyelesaikan kerjaan dan PR yang belum mereka bisa selesaikan di daerahnya.

Kali ini yang dibawa adalah Samsung Galaxy S6 yang mengalami kerusakan mati total. Hp Samsung ini sudah pernah diperbaiki di daerahnya, namun belum berhasil. Lalu bagaimanakah cara kita mengetahui sumber masalah pada Samsung Galaxy S6 yang mengalami mati total ini?

Pertama sekali, kita perlu melihat beberapa parameter yang penting.

Di sesi studi kasus, sang muridpun akhirnya bisa memeriksa apa yang sebenarnya terjadi pada smartphone S6 yang dia bawa ini. Dari indikasi yang ada, ada ketidakberesan pada bagian powernya. Sehabis diperiksa, pemeriksaan mengerucut pada perlunya pengukuran lebih lanjut pada beberapa titik penting. Yuk kita simak cuplikan skematik berikut ini.

Jalur tegangan input yang bersumber dari baterai masuk melalui konektor HDC7000.

Inilah posisinya. Setelah sang murid mengukurnya, konektor dalam keadaan normal.


Tapi perjalanan tegangan dari konektor ini ke IC power tidaklah langsung, harus melalui beberapa fase dan tahap. Ini adalah tahap berikutnya. Adanya U7005 sebagai IC yang menjembatani tegangan sumbernya.

Posisi IC-nya.

Posisi IC-nya seperti di atas. Setelah diukur, IC ini masih normal!

Selanjutnya kita teruskan lagi ke bagian lainnya. Setelah itu tegangan masuk ke IC U7015.

Posisinya tepat di lingkaran biru pada foto di bawah ini.

IC ini sering disebut oleh para teknisi IC charger. Memang benar, salah satu fungsinya adalah sebagai IC charger, tapi sebenarnya masih banyak fungsi lainnya. IC ini memang kerap rusak. Tegangan baterai yang masuk ke IC ini, akan diteruskan lagi ke IC power yang sesungguhnya. Bagaimana cara menentukan bahwa IC ini baik atau tidak? Mudah, ukur saja di titik ini!

Ini adalah titik di mana tegangan baterai keluar dari IC U7015. Dan benar saja, ketika diukur tidak ada tegangannya. IC ini bisa dipastikan rusak. Setelah diganti oleh sang murid, handphone pun kembali normal.

Ingin tahu cara perbaikan smartphone dan laptop yang baik dan benar? Yuk belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk Anda!