pulsa-logo

Trik Perbaikan Kamera Pada Lenovo S90


PULSA

Selasa, 10 April 2018 • 19:27

klinik, v3, lenovo s90


Lenovo merambah ke dunia smartphone jauh setelah dia masuk ke dunia komputer. Walau masih boleh dibilang sebagai anak bawang alias pemain baru, tapi produknya bukan main perlu dipertimbangkan oleh pesaing pesaingnya. Boleh diadu dengan ponsel yang sekelasnya, baik spesifikasi maupun harganya. Dengan spesifikasi yang sama, Lenovo bisa memberikan harga di bawah sang pemimpin pasar. Tak heran bila banyak pembeli yang akhirnya jatuh hati pada merek yang satu ini.

Nah, jika anda seorang teknisi, atau calon teknisi, anda perlu membekali diri anda dengan ilmu-ilmu perbaikan barang barang dengan merk seperti ini. Jangan hanya bisa satu merek saja tentunya. Seperti dalam satu sesi studi kasus ada seorang peserta pelatihan teknisi smartphone yang membawa Lenovo S90 yang bermasalah di bagian kameranya. Dia sudah mengganti modul kameranya, namun tetap sama hasilnya. Kamera tidak bisa dibuka. Nah bagaimanakah cara perbaikannya? Yuk kita simak cuplikannya berikut ini.

Pemeriksaan masalah kamera biasa kita mulai dari kameranya itu sendiri. Banyak masalah kamera tidak bisa dibuka yang hanya disebabkan oleh modul kameranya. Jadi cukup mengganti kameranya, masalah terselesaikan. Tapi pada kasus ini tidak bisa. Kita lanjut lagi ke bagian lainnya.

Inilah barang atau part yang perlu dicermati selanjutnya!

Yang ditunjuk oleh panah berwarna jingga di atas adalah konektor yang perlu diperhatikan. Takutnya ada kotoran yang menempel, atau bisa juga ada karat.



Setelah diamati, tidak ada yang bermasalah di bagian konektor kamera belakang ini. Pemeriksaan berlanjut ke jalurnya.

Ada sekitar 30 kaki konektor kamera. Mana yang bermasalah? Ataukah konektornya yang rusak? Ada satu trik khusus yang memang VTiga ajarkan pada para pesertanya untuk mempermudah pekerjaan pemeriksaan jalur. Hanya perlu ketelitian saja untuk melakukannya. Dan setelah sang murid memeriksanya, didapatilah ada masalah di salah satu kakinya. Ada yang tidak normal di kaki tersebut, kaki 9.

Kaki ini adalah kaki VCC untuk kamera. Tegangan yang bernama AVDD_2P8V. Tentu saja kamera tidak berfungsi, tegangan 2,8Volt analognya hilang. Kita cari sumbernya!

Komponen yang dilingkari merah di atas yang rusak. Perlu diganti ! Ya, itulah dalam perbaikan sebuah sartphone, kita pun perlu smart. Kita harus tahu langkah dan Analisa yang tepat untuk mengatasi masalah kerusakan smartphone itu sendiri. Maukah anda bisa? Ya, anda pasti bisa kalau anda belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sudah banyak sekali orang yang membuktikannya. Sukses untuk anda!