pulsa-logo

Trik Perbaikan Speaker pada Asus Zenfone


PULSA

Selasa, 22 Mei 2018 • 20:38

klinik, v3, asus zenfone


Banyak orang bertanya pada VTiga apakah smartphone yang bukan smartphone Samsung atau Apple itu kuat alias tahan banting. Jawabannya adalah relatif ! Sebagai satu perbandingan, smartphone lain seperti Xiaomi, Asus, Lenovo, dan lainnya juga punya standarisasi dalam mengeluarkan produknya. Tapi kita harus juga melihat faktor lainnya seperti harga. Ini adalah faktor yang tidak bisa dipungkiri pengaruhnya. Jika sebuah smartphone dibuat dengan sangat murah, tentu fasilitas, pengaman, dan komponen yang dipakai tidak sebaik di smartphone yang high end. Apakah lebih mudah rusak?

Kalau masalah rusak, faktor terbesarnya adalah si pemakainya. Apakah pemakai mengetahui cara pemakaian yang benar? Ada orang yang memakai smartphone yang high end, namun cara pakainya seperti pemakai hp murahan. Yang ada adalah smartphone mereka jadi hancur.

Tapi satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah ketersediaan sparepartnya. Banyak sekali smartphone yang tidak didukung oleh sparepart yang memadai. Itu yang menjadi kendala utama. Nah seperti yang terjadi pada smartphone Asus zenfone 2 ini, ada satu kerusakan yang mungkin tidak terlalu berat yakni masalah pada suaranya. Bagaimana cara perbaikannya? VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop kali ini akan membahas langkah langkah yang bisa anda coba untuk mengatasinya.

Ada satu part yang bernama speaker. Speaker berfungsi untuk menghasilkan suara, speaker ini bisa saja rusak. Tapi jangan langsung anda ganti ! kita periksa dulu masalah pengaturan suara serta profilenya.

Tapi memang masalah suara sering kali disamakan dengan rusaknya speaker. Tak heran bila speakerlah yang pertama kali diganti pada kasus ini. Tentu, kita periksa dulu apakah speaker ini bermasalah. Jika tidak, bagaimana langkah selanjutnya?

Kemungkinan lainnya yang bisa mengakibatkan asus kita tidak ada suara adalah pada jalurnya. Ibarat jalanan yang terputus, jalur akan membuat saluran listrik ke speaker terganggu. Ya, jadinya tidak ada suara. Nah yang kita perlu simak adalah apakah jalurnya ini baik adanya.



Komponen yang dilingkari adalah speakernya. Inilah yang biasa diganti oleh para teknisi. Tapi kita bisa lihat bahwa speaker terhubung ke jalur yang ditunjuk oleh panah merah di atas. Ada kemungkinan juga koneksinya kurang baik. Karena bisa saja smartphone ini bekas jatuh. Jadi periksa koneksi ini terlebih dulu sebelum melangkah ke langkah berikutnya.

Berikutnya kita lebih jauh lagi ke manakah  jalur ini. Bisa dilihat pada foto di bawah bahwa jalur speaker melalui komponen komponen kecil. Periksa apakah normal, tentu periksa juga komponen ini baik atau tidak? Bisa jadi karena kutu kecil ini, suara menjadi hilang!

Nah, dari kedua komponen kecil ini, jalur speaker menuju konektor fleksibel. Lalu disambungkan oleh fleksibel menuju ke dua titik seperti pada foto di bawah ini.

Jadi ada dua modul yang ada di smartphone asus zenfone 2. Modul bawah adalah modul konektor, lalu dihubungkan ke modul motherboard melalui kabel fleksibel. Foto di atas adalah foto jalurnya!

Dan kabel fleksibel inilah yang sering pada banyak kasus bermasalah. Jalurnya terputus sehingga aliran data serta aliran listriknya terputus. Solusinya? Ganti saja. Kebetulan sparepart ini banyak di jual di toko sparepart. Tinggal anda ganti, maka suara smartphone kembali normal. Mudah bukan?

Apakah anda ingin jadi pengusaha perbaikan smartphone ataupun laptop? Kenapa tidak? Sudah banyak membuktikannya dengan belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!