pulsa-logo

Perbaikan Bootloop pada Ponsel Xiaomi


PULSA

Selasa, 04 September 2018 • 18:47

xiaomi redmi 3 pro


 

Salah satu kerusakan yang sedang banyak terjadi di smartphone adalah masalah software. Biasanya dikarenakan oleh ketidaksadaran pengguna atas smartphone yang mereka pakai. Terkadang pengguna tidak tahu batas serta kapasitas dari smartphone mereka, membuat smartphone mereka benar benar dipaksakan bekerja secara maksimal. Tak heran jika smartphone mereka kerap bermasalah. Ibarat seorang pekerja yang selalu bekerja lembur, kurang istirahat tentu membuat badan mereka overload, dan mudah sakit.

Masalahnya adalah kerusakan software ini sangat berakibat fatal. Syukur jika masih bisa diperbaiki dengan penulisan kembali firmwarenya, namun dari pengalaman kami yang masuk ke tempat servis adalah yang memang sudah tidak bisa diselesaikan dengan masalah software. Ada satu masalah umum yakni kerusakan di satu piranti hardwarenya. Sebuah IC yang berperan untuk menyimpan data dari software maupun data pengguna yang bernama eMMC.

Penggantian IC ini kalau boleh jujur merupakan pekerjaan rutin dan utama dari tempat tempat reparasi yang ada saat ini. Dikarenakan banyaknya kerusakan dari IC ini, tak heran jika para teknisi meraup untung yang lumayan dari pergantian IC ini.

Seperti juga kasus yang sedang dihadapi oleh seorang peserta pelatihan VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Dia membawa smartphone Xiaomi bertipe redmi 3 pro yang mengalami kegagalan ketika di tulis ulang. Gejala yang tampak adalah bootloop, yakni hanya tampil tulisan logo saja ketika dinyalakan. Tidak bisa dipakai, tidak bisa masuk ke menu. Lalu jika didiamkan, smartphone akan restart berulang ulang hingga baterai habis total.

Setelah diperiksa dengan seksama oleh pengajarnya, benar adanya bahwa kerusakan mengarah kepada IC eMMC. Ini kira kira penampakan IC eMMC yang sering bermasalah.



Proses penggantian eMMC sebenarnya tidak terlalu rumit. Tapi kita bisa pelajari dengan mudah, asal kita mendapat bimbingan yang tepat. Di VTigalah tempatnya, banyak orang yang datang untuk belajar tentang hal ini.

Baik kita kembali ke pokok permasalahannya.Dalam mengganti eMMC, kita juga tidak bisa serta merta langsung melakukannya. Kita perlu mengukur beberapa titik ukur yang harus kita lihat keberadaan dan kebenarannya.

Titik pertama yang harus diukur adalah titik ini.

Di titik ini harus ada tegangan sebesar 2,9 Volt. Posisinya yang lebih jelas:

Jika tegangan di atas sudah diukur, selanjutnya titik ini juga perlu.

Di sini harus ada tegangan 1,8 Volt. Foto yang lebih jelas:

Dan kemudian di titik ketiga, kita juga harus ukur!

Tegangan ini harus ada juga tegangan 1,9 Volt. Posisinya di foto bawah:

Banyak orang yang hanya kerja tanpa mengukur. Mereka hanya berdasar pengalaman saja. Tapi akibatnya fatal sekali. Tanpa mengukur kita hanya menebak tanpa kepastian yang jelas. Di VTiga anda akan diajarkan untuk bisa mengukur, menganalisa, dan mengeksekusi satu masalah dengan baik. Yuk, belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!