pulsa-logo

Trik Memperbaiki Xiaomi Yang Bootloop


PULSA

Selasa, 04 September 2018 • 19:28

xiaomi mi a1


Kalau anda seorang teknisi, mungkin anda tidak akan asing dengan istilah bootloop. Bootloop adalah satu kondisi di mana smartphone tidak bisa masuk ke menu utama. Hanya tertahan di menu logo awal. Seperti terjadi hang, smartphone tidak bisa menjalankan operating system yang benar. Yang terjadi adalah sang pengguna menjadi pusing tujuh keliling.

Tapi bagi anda pengguna smartphone, kami Cuma bisa berdoa agar anda jangan sampai mengalaminya. Tapi bila ini terjadipun, bukan berarti dunia sudah kiamat. Masih bisa diperbaiki. Seperti pada kasus di bawah ini, seorang peserta pelatihan teknisi smartphone VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop mendapatkan kasus Xiaomi A1 yang mengalami bootloop.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kita lakukan proses flashing. Proses flashing adalah satu proses untuk pengisian kembali software atau piranti lunak yang sudah ditulis di dalam sebuah smartphone. Dan untuk kasus xiaomi yang bootloop, sebenarnya banyak cara dan trik untuk mengatasinya. Kali ini VTiga kursus akan membahas trik perbaikan dengan menggunakan software Mi Flash Tool.

Cara yang harus anda lakukan adalah pertama tama kita download software mi flash tool. Software yang gratis dan tersebar di dunia maya. Setelah itu install di komputer anda!

Selanjutnya adalah kita perlu mendownload lagi firmwarenya. Mi flash tool adalah alat untuk flashingnya, sedangkan firmwarenya adalah pelurunya, atau data yang akan dimasukkan ke dalam smartphone yang hendak kita flash. Dalam hal ini adalah kita perlu cari firmware xiaomi fastboot ROM untuk mi A1. Biasanya filenya perlu kita ekstrak dulu dan yang kita perlukan hanyalah yang ada di folder images.

Jika semua bahan sudah anda siapkan dan download, tinggal selanjutnya masuk ke mode fastboot. Caranya mudah, smartphone dimatikan, tahan tombol volume bawah dan selanjutnya tombol power ditekan bersamaan. Nanti akan muncul tampilan fastboot seperti gambar di bawah ini.


Jika sudah muncul tulisan di atas, kita bisa hubungkan smartphone xiaomi tadi ke pc dengan menggunakan kabel data yang terhubung ke USB port. Nah saat inilah kita aktifkan software Mi Flash tool di komputer kita.

Pilih file firmware yang akan kita flash. Caranya ada menu select di layar software mi flash. Lalu pilih ke tempat kita menaruh firmware tadi.

Periksa lagi apakah benar sudah terkoneksi pc ke smartphone. Caranya kita tekan tombol refresh. Lihat di menu radio pada bagian bawah tool, pilihlah “clean all”.

Jangan sampai salah file, dan segala sesuatunya diperiksa kembali. Jika sudah yakin, bisa anda tekan tombol “flash”.

Proses flashing akan berjalan setelah tombol flash kita tekan. Lamanya sangat tergantung dengan besar filenya dan juga spesifikasi dari komputer yang kita pakai. Kita harus bersabar dan berdoa jangan sampai ada halangan di proses ini.

Jika proses ini sukses, kita akan melihat notifikasi success pada software mi flash tool. Dan secara otomatis, xiaomi akan reboot kembali.

Dan tunggu apakah masalah sudah selesai. Masalah bootloop akan terselesaikan jika memang masalah utamanya adalah di bagian softwarenya. Tapi tidak akan terselesaikan jika masalah hardwarelah penyebabnya.

Tidak sulit bukan? Inilah cara memperbaiki xiaomi yang bootloop. Tanpa alat, hanya kita butuhkan komputer yang biasa kita pakai di rumah untuk mengatasinya. Bayangkan bahwa anda bisa mendapatkan penghasilan dari reparasi smartphone. Mau ? Yuk langsung belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!