pulsa-logo

Perbaikan Mati Total Samsung Galaxy C9 Pro


PULSA

Selasa, 04 September 2018 • 22:13

Samsung Galaxy C9 Pro


Samsung Galaxy C9 Pro (samsung)Samsung Galaxy C9 Pro (samsung)

Samsung C9 adalah sebuah produk yang memiliki spesifikasi yang tinggi, dan dikemas untuk melawan musuh musuhnya yang memiliki harga di bawah Samsung. Boleh jadi ini adalah produk spek tinggi dengan harga bersaing. Kelasnya masih dibawah Note ataupun seri S yang dikeluarkan oleh Samsung.

Dan hasilnya memang lumayan sukses di pasaran. Masyarakat bisa menerimanya! Namun sekarang sudah banyak seri C9 ini di tempat tempat reparasi. Seperti yang dibawa oleh seorang peserta pelatihan perbaikan smartphone dan laptop VTiga, dia membawa Samsung C9 Pro yang mati total.

Nah, apakah yang harus kita kerjakan untuk mengatasinya? Banyak sekali yang harus dilihat, mulai dari fisik, kondisi arus, dan masih banyak parameter-parameter yang perlu diamati sebelum mengambil satu keputusan.

Mari kita lihat prosesnya, dan beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum mengganti part yang bermasalah.

Pertama sekali, kita bongkar dulu smartphonenya. Hati hati sekali dalam membukanya. Dikarenakan tidak adanya baut di luar casing, jadi kita perlu membongkar dengan mengangkat LCDnya. Hmmm, perlu ketelitian yang tinggi untuk membukanya.  Dan tentu didukung oleh alat yang memadai. Salah satunya adalah alat pencabut LCD yang banyak dijual di pasaran.

Ini adalah salah satu alat dengan fitur yang sederhana. Anda bisa pakai untuk memanaskan LCDnya dengan merata, untuk kemudian kita lepaskan. Alat ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kerataan panas pada setiap sudut LCD.


Jika sudah terlepas, langsung kita lepas konektor LCDnya. Nanti akan tampak seperti ini:

Buka lagi baut yang ada, hingga kita bisa mengangkat boardnya!

Nah mulailah kita mengukur. Ada beberapa titik ukur yang wajib anda ukur! Titik pertama adalah

Di titik ini harus ada tegangan 3,7 Volt. Berikutnya adalah titik ini

Sama harus ada tegangan sebesar 3,7 Volt! Jika ada, kita lanjutkan ke titik berikutnya

Di titik atas, kita harus dapatkan tegangan kerja sebesar kurang lebih 1 Volt. Juga di titik bawah ini

Jadi, dalam perbaikan sebuah smartphone, kita tidak bisa main asal ganti IC saja. Bisa saja IC yang tampak bagus sebenarnya rusak. Atau sebaliknya IC yang jelek luarnya, ternyata masih bagus. Kita perlu melakukan pengukuran untuk memastikannya. Di VTiga lah kita bisa belajar banyak tentang cara perbaikan smartphone yang baik dan benar. Sudah banyak lulusan VTiga yang akhirnya membuka sendiri service center di tempat mereka. Ingin sukses seperti mereka? Yuk belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!