pulsa-logo

Atasi Layar Smartphone Blank/Putih


PULSA

Selasa, 04 September 2018 • 23:00

lcd


Fungsi dari LCD atau Liquid Crystal Display adalah menampilkan gambar, tulisan, atau informasi lainnya agar pengguna dapat berinteraksi dengan smartphonenya. Kualitas LCD kini merupakan satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh penjual, vendor, maupun pembeli dalam memasarkan, menjual, serta membeli smartphone. Seseorang yang hendak membeli smartphone, pasti akan mempertimbangkan kualitas dari LCDnya. LCD ibarat sebuah mata pada smartphone kita. Apa jadinya bila LCD kita bermasalah? Bisa anda rasakan sendiri jika mata anda bermasalah. Sangat mengganggu pastinya. Tak heran jika masalah LCD adalah salah satu masalah pelik di tempat servis resmi maupun tempat servis yang ada.

Ada beberapa gejala atau keluhan yang kerap dipermasalahkan oleh para pengguna. Pertama adalah LCD pecah.

Ini yang paling banyak terjadi. LCD yang kita pakai saat ini masih rentan sekali terhadap tekanan, dan guncangan. Sedangkan mobilitas dari smartphone kita sangatlah tinggi. Tak heran jika smartphone sering kali jatuh, tertekan, terlempar. Efek langsungnya adalah LCD yang bermasalah alias pecah. Solusinya? Ganti modul LCDnya!

Kerusakan kedua yang juga bisa terjadi adalah adanya kebocoran LCD. Tidak ada tampak ada keretakan di luar LCD, namun karena satu dan lain hal, LCD bisa saja terjadi bocor. Seperti ada gumpalan tinta hitam atau warna lain di layar. Kerusakan LCD bocor mengganggu sekali, karena di tempat yang bocor, tidak bisa kita lihat ada tulisan atau gambar sedikitpun. Solusinya? Sama seperti LCD yang pecah, kita perlu mengganti modul LCD-nya.

Kerusakan selanjutnya adalah blank putih. LCD blank putih juga sering dijumpai di tempat tempat reparasi. Biasanya ada yang kita ganti modul LCD-nya bisa, tapi ada juga yang tidak bisa juga, walau kita sudah ganti modul LCD-nya.

Nah bagaimana jika sudah diganti, masih sama saja? Ada banyak kemungkinan terjadinya LCD blank pada smartphone yang bukan disebabkan oleh modul LCD.  Pertama sekali coba anda periksa di blok diagram berikut


LCD adalah kotak bagian kanan. Di bawahnya ada touch key, yaitu modul touchscreen. Modul LCD terhubung dengan modul berwarna hijau di bagian sebelah kiri, tak lain adalah modul prosesor. Lihat ada beberapa jalur I2C yang terhubung ke processor. Ada jalur MIPI4lane yang menghubungkan processor dengan LCD, ada juga jalur I2C yang menghubungkan TSP IC A552 ke prosesor.

Bermasalahnya jalur di atas bisa saja menyebabkan LCD blank. Perhatikan kembali adanya Display PMIC S2DoS03. Komponen ini bisa menyebabkan juga LCD blank pada smartphone. Apa lagi penyebab lainnya?

Ini adalah foto dari mikroskop konektor LCD. Konektor LCD sering tampak baik, namun ternyata bisa kita lihat, adanya jalur yang terputus. Ini bisa saja terjadi! Dan pernah juga dialami. Solusinya? lakukan jumper dari kaki tersebut ke jalur yang terputus.

Jadi, penyebab smartphone blank putih bisa beragam. Mulai dari LCD-nya, konektornya, jalurnya, bahkan sampai dengan ic ataupun komponen komponen pendukungnya. Ingin tahu lebih dalam tentang trik trik lain perbaikan smartphone? Yuk, langsung saja belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop di Jakarta. Kami didik anda dari nol sampai anda bisa! Mau?

    2017-06-13 11:47:30


    Perbaikan LCD iPhone 5s