pulsa-logo

Trik Perbaikan Jalur Xiaomi Redmi


PULSA

Selasa, 23 Oktober 2018 • 20:09

klinik, xiaomi, redmi, xiaomi redmi


Xiaomi Redmi (VTIGA)Xiaomi Redmi (VTIGA)

Banyak orang berpendapat kalau sebuah smartphone rusak, pasti kerusakannya di IC-nya. Tapi ada juga orang yang berpendapat berbeda. Bisa saja disebabkan oleh kerusakan yang ada di komponennya. Memang semua bisa terjadi, tapi ada juga yang tak bisa dipungkiri, yakni jalurnya yang bermasalah. Itulah yang membuat sebuah perbaikan menjadi runyam.

Tapi kebanyakan teknisi yang ada saat ini lebih berfokus pada perbaikan pada bagian ICnya. Sebagai contoh, kalau mereka menemukan kerusakan mati total, yang difokuskan dan dipikirkan adalah bagaimana mengganti IC powernya. Jika menghadapi kasus tidak bisa charging, yang dipikirkan adalah IC chargernya. Memang boleh saja, tapi tidak selalu benar, bisa saja dan terkadang salah. Apa akibatnya? Kondisi semakin runyam, sparepart sudah keluar tapi belum membuahkan hasil. Yang ada adalah pusing kepala dibuatnya.

Jadi dalam perbaikan sebuah smartphone kita perlu mengetahui selak beluknya. Baik secara hardware maupun software, karena saat ini kerusakannya tidak bisa tidak, kita harus menguasai keduanya jika ingin memperbaiki smartphone. Di VTigalah anda bisa belajar keduanya. Setelah digembleng selama satu setengah bulan, mereka yang tadinya tidak bisa apa apa diharapkan sudah bisa memperbaiki smartphone dengan benar.

Seperti pada kasus yang dihadapi oleh seorang peserta, dia membawa smartphone Xiaomi Redmi yang bermasalah di suara. Sudah diganti speakernya, tapi tetap tidak bisa. Bagaimana langkah selanjutnya? Yuk simak ceritanya di bawah ini.

Xiaomi redmi 3x ini bermasalah di suara buzzernya. Tidak ada suara dering ataupun speakerphone. Speakernya sendiri sudah diganti berkali-kali namun hasilnya tetap nihil. Nah bagaimana selanjutnya? Apakah kita mengganti IC audionya langsung? Jangan! kita periksa dengan cara ini!

Pertama xiaomi kita bongkar dulu. Lepaskan bautnya, hingga kita bisa lepas mesinnya. Ada dua bagian, bagian bawah dan bagian atas. Bagian bawah biasa dikenal dengan istilan board bawah, atau board charging. Tapi di sana jugalah terhubungnya speakerphone dengan rangkaian. Jadi kita periksa dari board bawah terlebih dulu.



Kedua lingkaran berwarna merah adalah titik kontak konektor speakernya. Kita bersihkan dulu konektornya, lalu kita lanjut lagi dengan memeriksa jalurnya! Dan benar saja masalah ada pada jalur bagian bawah. Lingkaran bawahnya! Maka selanjutnya kita telusuri ke mana saja jalur bagian bawah ini. Ukur punya ukur, ternyata masuk ke titik ini.

Ini adalah foto papan bawahnya. Masih di papan yang sama, jalur tadi terhubung ke titik yang ditunjuk oleh pinset di atas. Setelah itu jalur ini terhubung ke kabel fleksibel.

Dan di ujung sisi lainnya, jalurnya terhubung ke titik ini

Sewaktu diperiksa jalur speakernya normal sampai ke titik ini. Dan sewaktu diurut lagi, ternyata ditemukanlah problemnya. Ada di komponen kecil berikut ini!

Komponen inilah biang keladinya! Setelah diganti, spontan suara normal kembali. Bayangkan jika kita hanya tahu mengganti IC, tidaklah selesai kasus ini. Buzzer serta suara speaker kembali normal setelah diganti.

Jadi jika anda ingin mahir dalam perbaikan smartphone atau laptop, anda harus paham rangkaian, cara kerja, dan cara perbaikannya dengan benar. Ingin bisa? Yuk, belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!