pulsa-logo

Beberapa Penyebab Xiaomi Tak Bisa Di-Charge


PULSA

Kamis, 15 November 2018 • 18:53

xiaomi, xiaomi redmi 3, redmi 3, vtiga, klinik


Masalah Charging adalah satu masalah yang biasa dan lazim ditemukan di tempat-tempat reparasi smartphone. Tak memandang merek smartphone, asalnya smartphone, dan tipenya. Semuanya bisa timbul masalah charging ini. Walau sebenarnya sumber masalahnya dan penyebab utamanya adalah sang pemakainya. Nah pada edisi pulsa kali ini, VTiga akan berbagi tips seputar masalah smartphone xiaomi yang tidak bisa diisi ulang baterenya. Semoga ulasan kali ini bisa membuka wawasan pembaca, dan lebih baik lagi kalau bisa langsung diterapkan atau bisa juga untuk memperbaiki langsung smartphone anda yang memang sedang bermasalah.

Ada beberapa penyebab kenapa smartphone xiaomi tidak bisa melakukan pengisian batere. Yang paling sering terjadi adalah masalah batere serta charger dari smartphone kita. Sebelum terpikir ke hal yang jauh dan rumit, pikirkanlah untuk langsung mencoba mengganti charger. Jika belum bisa juga, coba ganti baterenya. Dua langkah sederhana ini banyak menyelesaikan masalah smartphone tidak bisa diisi ulang.

Nah jika masih bermasalah juga, bisa jadi ada masalah di bagian hardwarenya. Kesempatan kali ini, kita lihat isi dari rangkaian Xiaomi Redmi 3. Yuk lihat apa saja yang bisa menyebabkan smartphone xiaomi tidak bisa di”charge”.

Buka penutup belakang, dan lepas baterenya terlebih dulu, lalu copot baut yang bisa anda buka.

Karena modul charging pertama ada di bagian bawah, maka kita buka dulu modul bagian bawahnya. Gunakan obeng untuk membukanya. Modul ini juga merupakan antenna dari si smartphone.

Setelah terlepas, kita bisa lihat modul antenanya seperti ini


Dan di bawahnya terdapat konektor serta rangkaian chargernya

Mari kita melangkah lebih jauh lagi ke bagian ini. Di dalam rangkain charging, banyak sekali komponen. Sebab untuk mengalirkan listrik dari charger menuju batere, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan, pengamanan yang baik, dan pengontrolan yang baik pula. Dan masalahnya salah satu dari komponen ini bermasalah bisa mengakibatkan smartphone tidak bisa melakukan charging.

Seperti halnya pada foto di bawah ini

Ini adalah konektor charging. Sebuah barang yang sangat mudah rusak dan umum diganti. Selanjutnya adalah komponen di bawah ini. Ini adalah sebuah filter kapasitor

Juga komponen berikut adalah satu pengaman. Ini juga bisa menyebabkan smartphone xiaomi tidak bisa diisi baterenya

Selanjutnya charging akan masuk ke konektor ini. Ini adalah sebuah konektor yang menghubungkan fleksibel yang akan menuju ke board bagian atas. Konektor juga bisa rusak! Awas

Berikutnya yang bisa menjadi penyebab smartphone xiaomi tidak bisa dicas adalah fleksibelnya

Ini juga sering bermasalah! Walau tidak bergerak, tapi fleksibel ini juga rentan sekali rusak. Nah lanjut lagi ke kemungkinan lain, komponen berikut juga bisa bermasalah

Adanya di board utama. Dan kapasitor berikut juga perlu dicurigai

Dan terakhir adalah komponen IC ini. Sebenarnya masih ada kemungkinan lainnya, seperti jalur yang putus, koslet, dan juga hal lainnya. Tapi secara umum adalah seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Nah masalah untamanya adalah bagaimana dengan akurat menentukan komponen yang bermasalah, anda bisa pelajari semua di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop dalam waktu singkat. Anda akan dididik untuk bisa langsung mencari uang. Mau???

Ditulis oleh:

Tayung, ST