pulsa-logo

Perbaikan Terhadap OPPO yang Tak Bersuara


PULSA

Kamis, 29 November 2018 • 16:48

klinik, oppo a37


OPPO A37 (oppo)OPPO A37 (oppo)

Salah satu jenis kerusakan yang setengah krusial alias “setengah mengganggu” adalah masalah suara. Komunikasi tetap lancar, transfer data bisa tetap berlangsung, aplikasi aplikasi yang tidak memakai suara tetap saja bisa berjalan. Tapi yang mengganggu adalah suaranya bermasalah. Bisa beberapa versi masalah suara ini terjadi. Mulai dari suara hilang sama sekali, suara kecil, hingga suara terganggu atau distorsi.

Kerusakan suara memang banyak terjadi hanya disebabkan oleh sang speaker atau pemeran utamanya saja. Ya, barang inilah yang bertanggung jawab mengubah gelombang listrik yang masuk ke speaker menjadi suara. Beginilah penampakan komponen ini kira-kira.

Bentuk boleh berbeda, ada yang besar, ada juga yang kecil. Ada yang mampu mengeluarkan suara yang besar seperti dering atau buzzer, tapi juga ada yang hanya mampu mengeluarkan suara sebatas percakapan panggilan telepon biasa. Ya, tapi tak bisa dipungkiri masalah suara hampir kebanyakan disebabkan oleh barang yang satu ini.

Tapi di lapangan masalah suara ada saja yang bukan penyebabnya speaker, seperti pada smartphone oppo berikut ini. Oppo ini mengalami masalah pada suaranya. Tidak ada suara buzzer atau suara dering. OPPO bertipe A37 ini dibawa oleh salah seorang peserta pelatihan yang datang dari luar kota untuk belajar memperbaiki hp di VTiga kursus. Apa saja kemungkinan kerusakan pada smartphone ini? Yuk kita lihat dan bongkar langsung smartphone ini, Dan kita simak bagaimana cara memperbaiki OPPO yang tidak ada suara ini.

Pertama kita bongkar smartphone OPPO A37 ini. Dan kita bisa lihat bahwa letak dari buzzer atau speaker dengan IC audionya cukup jauh. IC pengontrol berada satu papan dengan prosesornya. Dan buzzernya berada jauh dari prosesor. Ada di bagian bawahnya. Kalau di foto, ada di sebelah kanan.



Kalau kita cermati bersama, letak jauh ada baik dan buruknya. Baiknya kita bisa atur posisi buzzer mau di mana, tidak tergantung dengan posisi motherboard, tapi kelemahannya adalah banyak titik rawan yang bisa menyebabkan masalah pada buzzernya karena jaraknya relatif jauh.

Ini adalah titik konektor speakernya. Kemungkinan kotor! Bersihkan dulu! Tapi bisa juga yang menyebabkan smartphone ini tidak ada suara adalah masalah pada fleksibelnya. Ini sering juga terjadi. Cara termudah untuk memastikannya adalah  kita ukur apakah titik ini terhubung ke titik berikut ini.

Pengukuran sederhana ini harus dilakukan. Dari sinilah kita bisa tahu apakah masalah fleksibelnya. Gunakan saja multitester ohm meter.Sederhana sekali bukan? Selanjutnya pemeriksaan berikutnya adalah pada titik kedua, yaitu pada foto berikut ini.

Ini adalah titik kedua dari buzzer yang juga harus terkoneksi dengan titik berikut ini.

Kedua pengukuran di atas mewakili penentuan apakah masalah terletak pada kabel fleksibelnya atau bukan. Tapi ingat, kerusakan bukan hanya pada fleksibel, ada kemungkinan lainnya. Coba lihat foto berikut ini.

Dan juga komponen berikut ini

Ke dua komponen di atas adalah komponen yang dilalui oleh sinyal listrik yang dari IC audio sebelum masuk ke buzzer. Tentu saja kemungkinan ada saja disebabkan oleh kedua komponen di atas. Walau sebenarnya masih saja ada kemungkinan lainnya yang bisa menyebabkan masalah pada suara OPPO ini seperti IC audio atau bahkan CPU. Tapi semua itu bisa dideteksi kalau kita memahami secara benar tentang cara kerja dan cara perbaikan smartphone yang benar. Semua ini bisa anda dapatkan di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Mau bisa? Yuk belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!

Ditulis oleh:

Tayung, ST

Ridwan, ST

Staff Pengajar V-TIGA