pulsa-logo

PERBAIKAN SOFTWARE REDMI NOTE 4X MEDIATEK VIA SP FLASHTOOL


PULSA

Jum'at, 14 Desember 2018 • 15:39

klinik, xiaomi redmi note 4x


Xiaomi Redmi Note 4X (VTiga)Xiaomi Redmi Note 4X (VTiga)

Perbaikan smartphone tak lepas dari perbaikan software. Ya, hampir semua sistem yang ada di sebuah smartphone dikontrol oleh software atau program yang ada di smartphone. Dan hampir semua pemakai smartphone menggunakan smartphonenya untuk kepentingan aplikasinya. Jadi tak heran jika pengguna banyak sekali mengutak-atik smartphone mereka khususnya bagian softwarenya. Dan kalau terjadi crash, ya kita perbaiki bagian softwarenya saja.

Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan mengupas bagaimana cara memperbaiki software Redmi Note 4X yang menggunakan chipset Mediatek dengan menggunakan SP Flashtool. Yuk simak langkah dan caranya di bawah ini!

A. Persiapan:

- PC/laptop menggunakan windows 64bit

- Kabel USB

- Download software https://spflashtool.com/download/SP_Flash_Tool_v5.1628_Win.zip

- Download firmware https://drive.google.com/file/d/0BxvZj4QbvnwmdURZS21UTklZcFk/view?usp=sharing


- Download file driver https://drive.google.com/open?id=1Z9GuVwH9-zB0wfH_jjYCg_nlH-LGLP7l

- Download file Cust https://drive.google.com/open?id=1smr2J_0NlFEvu9j8TB4668zhjx99E2uO

B. Langkah Flashing:

- Ekstrak semua file kedalam 1 folder.

- Install driver yang sudah didownload tadi.

- Setelah itu, copy file cust.img  yang berada dalam folder hasil ekstrakan cust_global.

- Lalu pindahkan/paste file cust.img ke folder hasil ekstrak ROM Redmi Note 4 Mediatek: \images\paste ke sini. Lalu tekan Replace.

- Langkah flashing Redmi Note 4X Mediatek selanjutnya adalah dengan membuka folder dari SP Flashtool tersebut, lalu cari dan jalankan file Flashtool.exe, kemudian klik kanan dan pilih run as administrator.

- Sp FLashtool terbuka. Perhatikan pada bagian menu Download, kemudian pada kolom download-agent pilih tombol choose.

- Kalau ada jendela yang terbuka, carilah file mtk_allinone_DA.bin. File ini ada di dalam folder SP Flashtool. Pilih OK.

- Pada bagian scatter-loading, pilih tombol Choose, lalu pilih file. MT6797_Android.txt yang berada pada folder images yang sudah anda extract sebelumnya. Lalu pilih OK.

- Anda akan melihat tabel yang berisi file firmware yang nantinya akan diinstal di smartphone yang Anda miliki.

- Hilangkan centang pada Preloader, karena jika kondisi HP masih hidup akan berakibat bootloop atau matot. Tapi jika kondisi ponsel dalam keadaan bootloop/matot atau hardbrick, Preloader ini harus dicentang.

- Kemudian tekan tombol Download pada SP Flashtool.

- Sekarang beralih ke ponsel Redmi Note 4 MTK anda. Matikan ponsel dan sambungkan ponsel ke PC/laptop sambil tekan dan tahan tombol volume bawah (-).

- Jika terdeteksi, SP Flashtool akan memulai proses flashing.

- Lepaskan tombol volume bawah (-), jika bar proses flashing di SP Flashtool berubah menjadi kuning.

- Tunggu hingga proses flashing ini selesai. Lama tidaknya proses flashing ini tergantung dengan firmware yang berhasil dipasang. Biasanya berlangsung antara 5-15 menit.

- Jangan menekan tombol stop yang ada di sebelah tombol download, karena jika prosesnya belum selesai smartphone tidak akan bisa diflashing dengan sempurna.

- Proses flashing tersebut akan selesai, ditandai dengan munculnya tanda centang seperti gambar dibawah ini.

- Setelah berhasil diflashing, lepaskan smartphone dari PC kemudian nyalakan kembali.

Mudah bukan? Sebenarnya langkah sederhana dan tanpa modal ini bisa anda lakukan sendiri di tempat anda. Dan bimsalabim, smartphone yang kita kerjakan bisa normal kembali. Dan anda bisa dapat upah dari langkah sederhana ini jika anda mengerjakan smartphone teman atau kerabat anda. Inginkah anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari perbaikan smartphone? Kenapa tidak? Yuk , belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Sukses untuk anda!

Ditulis oleh:

Tayung, ST

Ridwan, ST

Staff Pengajar V-TIGA