Review Lengkap Samsung Galaxy A04, 1 Jutaan dengan Kamera 50 MP

Akhir-akhir ini, produsen HP Samsung memang sedang gencar mengeluarkan berbagai versi ponsel mereka di pasaran. Kamu pun tentunya juga sudah menyadari hal ini bahwa banyak sekali tipe baru yang muncul khususnya pada entry level dengan harga yang cukup murah.

Salah satunya yakni pasukan Galaxy A04 Series dengan tiga model yang sudah keluar. Mulai dari yang paling murah yakni Galaxy A04e Rp 1,3 jutaan, Galaxy A04 Rp 1,5 jutaan hingga Galaxy A04s Rp 2 jutaan. Kali ini akan membahas tentang HP Samsung Galaxy A04 yang memiliki daya tarik yakni kamera belakang 50 MP.

Harga Samsung Galaxy A04

Sebelum membahas tentang apa saja kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A04, Anda pun bisa mengetahui berapa harganya di pasaran. Selanjutnya nanti dapat membandingkan dengan spesifikasi pada ponsel tersebut apakah worth it atau tidak pada ponsel entry level.

Mengacu dari website resmi milik Samsung Indonesia, Samsung Galaxy A04 varian RAM 3 GB/ 32 GB bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 1.499.000 saja. Tentu saja termasuk harga yang sangat terjangkau sebagai salah satu ponsel yang termasuk ke dalam entry level.

Namun apabila Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih luas, maka bisa memilih varian di atasnya yakni RAM 4 GB/ 64 GB dengan harga Rp 1.799.000. Cukup menambahkan Rp 300.000 saja maka dapat meningkatkan jumlah kuantitas storage-nya sehingga kinerjanya pun akan lebih maksimal.

Kelebihan Samsung Galaxy A04

Bagi Anda yang sedang mencari HP Samsung dengan kisaran harga 1 jutaan namun memiliki kekuatan kamera mumpuni, maka salah satu opsinya adalah Samsung Galaxy A04. Bahkan fitur satu ini menjadi keunggulannya daripada seri yang lain. Lantas apa saja kelebihan dari ponsel tersebut? Simak penjelasan berikut ini untuk menjadi pertimbangan Anda.

  1. Resolusi Kamera 50 MP

Yang menjadi kelebihan dari Samsung Galaxy A04 adalah resolusi kameranya begitu tinggi. Mode kamera yang tersedia pun tidak banyak. Hanya terdapat tujuh menu termasuk juga photo, portrait, pro, food, panorama, hyperlapse dan juga video. Anda bisa menggunakan salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan pengambilan gambar.

Pada mode pro, pengaturannya pun juga tidak lengkap karena tidak ada menu shutter speed dan juga manual focus. Sementaar untuk kemampuan merekam videonya telah didukung oleh resolusi sebesar 1080p dan 30 fps. Terlepas dari minimnya fitur yang ada di kamera, hasil fotonya pun terlihat sangat memuaskan jika Anda mencobanya terutama di siang hari karena pencahayaan yang memadai.

2. Media Tek Helio P35 dan RAM Plus

Tidak hanya puas dari hasil jepretan milik Samsung Galaxy 104, ternyata HP 1 jutaan ini juga mendukung refresh rate high dan kualitas grafis high walaupun pada sistem masih merekomendasikan grafis medium. Dalam pengujiannya selama beberapa hari membuktikan bahwa HP ini tidak menemukan kendala berarti untuk mengakses Mobile Legends selama 2 hingga 3 kali per harinya.

Selanjutnya Media Tek Helio P35 yang terpasang di HP ini juga banyak Anda jumpai di perangkat entry level. Selain itu juga dapat dijumpai pada series Galaxy lainnya seperti A12, A03s dan juga A21 yang sudah rilis tahun 2020 lalu. Teknologi ini memang diakui cukup lawas karena CPU octa core yang terpasang juga berbasis Cortex A-53.

Selain itu teknologi tersebut terdiri dari empat core dengan kecepatan clock sampai 2,35 Ghz dengan sisanya yakni 1,8 Ghz mengandalkan dari PowerVR GE8320. Namun tetap saja ponsel ini menunjukkan kinerja yang baik karena menjalankan sistem operasi secara ringan dari One UI Core 4.1 berbasis Androd 12.

Kinerja yang stabil milik HP ini juga meningkat seiring dengan pemakaian RAM sampai 4 GB. RAM total yang terpasang adalah 8GB. Kapasitas baterai yang dimiliki pun cukup besar yakni 5000 mAh dengan dukungan fitur adaptive fast charging.

3. Desain yang Simpel dan Build Quality yang Oke

Tipe Galaxy A04 memiliki desain simpel yang khas dari series Galaxy A. Sisi depannya mengemas layar infinity V dengan sudut dan tepian bingkai yang sedikit membulat sehingga tetap nyaman ketika pengguna memegangnya. Sementara di bagian belakang terbuat dari material plastik dengan sentuhan glossy sehingga mudah meninggalkan bekas telapak tangan.

Varian warna yang tersedia ada 3 mulai dari orange copper, deep green dan black. Pada bodi Galaxy A04 ini bisa Anda menjumpai tombol volumen dan power di seeblah kanan tanpa fitur sensor sidik jari. Namun setidaknya masih tersedia fitur face recognition yang bisa diandalkan untuk membuka kunci layar secara lebih praktis.

4. Konektivitas yang Lengkap

HP inii memiliki SIM tray dengan dua slot kartu nano SIM dan juga satu slot microSD khusus yang berada di bagian seberangnya. Selanjutnya ada juga mikrofon sekunder berada di atas. Sisanya yakni berupa jack audio 3,5 mm, port USB, mikrofon utama dan juga speaker. Secara keseluruhan sebenarnya build quality pada HP ini tidak terasa sebagai HP dengan harga 1 jutaan.

Sementara di bagian depannya, HP Samsung Galaxy A04 menggunakan layar 6,5 inch berjenis PLS LCD dengan resolusi HD+ atau 720×1600 piksel. Kualitas layarnya pun standar namun umum pada segmen entry leverl. Pada bagian atas depan terpasang notch bergaya V pada kamera depan sebesar 5 MP dan dagunya sebenarnya juga terasa sedikit tebal.

5. Layar Invinity V Display

Berikutnya yakni tentang layar yang ukurannya terbilang cukup umum pada ponsel saat ini yakni berukuran 6,5 inch. Sisi atasnya terdapat satu sensor kamera selfie dengan gaya V display dan juga balutan earpiece di bagian atas kamera tersebut. Samsung merancang panelnya dengan menggunakan PLS LDC resolusi HD+ sehingga memungkinkan HP memiliki kinerja refresh rate sebesar 60 Hz.

Mengingat bahwa harga HP ini tergolong pada kelas 1 jutaan, menjadi hal yang wajar bagi Samsung Galaxy A04 menggunakan desain layar tersebut. Walaupun begitu, layar Samsung ini telah memiliki adaptive brightness. Fitur ini tetap memanjakan bagi siapa saja penggunanya agar tetap merasa nyaman dari tajamnya cahaya HP.

6. Spesifikasi yang Setara dengan S5

Bagi calon pembeli, perlu tahu bahwa Galaxy A04 telah memiliki SoC Hello P35 Octa Core Cortex 153 up to 2.3 Ghz. Ini artinya kinerjanya hampir sama seperti spesifikasi dari Samsung S5 di tahun 2014 silam yang memakai Snapdragon 801. Selain itu juga memiliki RAM 4 GB LPDDR4X, penyimpanan maksimal 64 GB eMMC 5.1 atau varian lain yakni pada storage 3GB/ 32 GB.

Ada juga fitur RAM Plus yang memiliki opsi penyimpanan hingga 4 GB. Ketika pertama kali menyalakannya, penyimpanan sudah terpakai sebanyak 21 GB. Apabila masih merasa kurang besar, ponsel ini masih mendukung pemakaian Micro SD sampai maksimal 1 TB. Selain itu, perangkat ini pun juga berjalan memakai One UI Core  4.1 berbasis Android 12 yang merupakan One UI secara lebih ringan.

7. Kapasitas Baterai yang Memadai

Samsung Galaxy A04 hadir dengan kapasitas baterai 5000 mAh sehingga bisa user gunakan dalam waktu cukup lama. Baterai berkapasitas besar ini juga dilengkapi oleh teknologi fast charging 15W. tentu saja waktu pengisian daya tidak bisa super singkat sekalipun sudah memiliki fitur tersebut.

Namun setidaknya fitur fast charging 15 Watt memang lebih baik daripada generasi sebelumnya karena hanya menggunakan tenaga 7,5 Watt saja. Dari hasil pengujian yang sudah ada, memerlukan waktu sampai 2,5 jam untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen.

Kekurangan Samsung Galaxy A04

Berikutnya ada kekurangan  utama dari Galaxy A04 yang mungkin akan menjadi pertimbangan bagi calon pembeli. Meskipun HP satu ini memiliki banyak sekali kelebihan namun bukan berarti membuatnya hadir tanpa adanya cela. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dulu:

  1. Kurang Support untuk Kebutuhan Gaming

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Samsung Galaxy A04 memang cukup tinggi pada kelas entry level. Namun sebenarnya ukuran RAM ini belum mampu mendukung kebutuhan gaming pada penggunanya. Jadi jangan berharap besar jika ingin bermain game kekinian dengan hanya menggunakan HP satu ini.

Pasalnya walaupun masih tergolong nyaman untuk pemakaian seharian, namun Unisoc yang terpasang pada Samsung Galaxy A04 bukan sebagai chipset yang cocok pada game berat. Sebut saja musalnya Free Fire dan PUBG Mobile. Namun pengguna masih bisa merasakan kinerja yang cukup untuk memainkan Mobile Legends.

2. Tanpa Sensor Finger Print

HP Samsung satu ini tidak mengharuskan penggunanya untuk membuka kunci layar memakai PIN atau Pola, pasalnya sudah tersedia fitur face unlock. Namun sayangnya mereka akan kesulitan memanfaatkan fitur tersebut jika sedang berada di dalam ruangan dan minim cahaya. Tentu saja sensor akan kesusahan dalam mendeteksi wajah pengguna.

Pada segi ini, Samsung Galaxy A04 terlihat kalah saing dengan para saingannya. Ketika ponsel lain yang berada di kelas entry level sudah menyematkan sensor sidik jari, namun Galaxy A04 masih belum memilikinya.

3. Tanpa USB Tipe C dan Gyroscope

Tentunya banyak pengguna ponsel yang sangat merasa nyaman dengan hadirnya port USB tipe C. Pasalnya hal ini memudahkan mereka dalam melakukan pengisian daya ulang sehingga tidak akan terkena resiko kabel terbalik dari lubangnya. Padahal saat ini sudah ada banyak HP dengan harga 1 jutaan telah menawarkan port tipe C.

Alasan lain yang menyebabkan Galaxy A04 tidak cocok untuk bermain game adalah tidak adanya sensor gyroscope. Fitur satu ini mampu mendeteksi adanya gerakan gravitasi sehingga tetap mempertahanannya tetap stabil. Sensor ini paling umum terdapat pada game AR dan VR. Misalnya saja pada PUBG Mobile sehingga memungkinkan pemain dapat membidik musuh hanya dengan menggerakkan ponsel saja.

Sebagai salah satu ponsel entry level yang hadir di pasaran, Samsung Galaxy A04 pun bisa menjadi salah satu opsi yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Hanya dengan harga Rp 1 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapatkan ponsel Samsung dengan kapasitas penyimpanan minimal RAM 3 GB/ 32 GB.

Also Read

Bagikan:

Tags

hits counter