Spesifikasi Lengkap Dan Harga Oppo Find X5 Pro 5G

No comments
Oppo Find X5 Pro 5G
Spesifikasi Lengkap Oppo Find X5 Pro 5G

TABLOIDPULSA – Oppo Find X5 Pro 5G sudah rilis di Indonesia pada bulan Juni 2022 sebagai ponsel flagship terbaru.

Ponsel flagship sendiri adalah ponsel yang mewakili perusahaan sebagai produk terbaik dari brand tersebut. Jadi, saat perilisannya, Oppo Find X5 Pro 5G ini menjadi HP terbaik dari brand Oppo.

HP flagship Oppo ini menawarkan nilai jual pada rangkaian kameranya yang sudah didukung teknologi buatan produsen ternama asal Swedia, yaitu Hasselblad.

Jadi, akan cocok untuk pengguna yang sedang mencari HP dengan kualitas kamera yang bagus. Misalnya untuk membuat konten ataupun hanya sekedar hobi.

Spesifikasi Lengkap Oppo Find X5 Pro 5G

Tidak hanya kamera, spesifikasi lain dari Oppo Find X5 Pro 5G ini pun masuk dalam kategori tinggi. Jadi tidak hanya bagian kamera saja yang unggul. Bagi kamu yang penasan dengan HP ini, berikut spesifikasi lengkapnya.

Jaringan dan Body

Seperti namanya, jaringan pada ponsel ini sudah tersedia 5G. Namun bagi di Indonesia yang belum ada jaringan 5G, tersedia juga jaringan di bawahnya, 2G, 3G, dan 4G. HP keluaran terbaru memang sudah banyak yang menyediakan 5G karena di beberapa negara maju, 5G sudah tersedia.

Pada spesifikasi body, dimensi HP ini berukuran 163.7 x 73.9 x 8.5 mm dan berat 218 gram. Bagian kaca depan menggunakan Gorilla Glass Victus, bagian belakang menggunakan kulit ramah lingkungan, dan bagian bingkai terbuat dari alumunium. Kemudian bagian SIM dipasang untuk nano SIM dan eSIM.

Ukuran dimensi dan berat Oppo Find X5 Pro 5G ini termasuk umum untuk ukuran HP yang diproduksi tahun-tahun baru ini. Tidak terlalu besar dan tidak lebih kecil juga. Bagi kamu yang sudah biasa menggunakan HP dengan ukuran ini, rasanya tidak akan jauh berbeda.

Display

Layar yang digunakan pada Oppo Find X5 Pro 5G adalah LTPO2 AMOLED dengan 1 miliar warna, HDR10+, dan refresh rate 120 Hz. Ukuran layar sebesar 6.7 inci atau 108.4 cm2. Touch sampling rate sebesar 240 Hz dan tingkat kecerahan hingga 1.300 nits.

Resolusi yang dipakai adalah 1440 x 3216 piksel dengan rasio 20:9 dan kepadatan 525 ppi. Tampilannya sudah dilindungi dengan corning Gorilla Glass Victus. Spesifikasi display ini sudah termasuk bagus di kelasnya.

Dengan spesifikasi ini, touch screen akan sangat cepat dan lancar. Tampilan layar pun sangat jelas, mulai dari untuk melihat foto, video, streaming, hingga bermain game. Kualitas tampilan HP ini tidak akan mengecewakan.

Kamera

Tersedia 3 kamera di bagian belakang dan 1 kamera selfie di bagian depan. Kamera utama bagian depan berupa wide dengan 50 MP dan f/1.7. Kamera kedua berupa ultrawide yang juga 50 MP dengan f/2.2. Untuk kamera ketiga berupa telephoto sebesar 13 MP dengan f/2.4.

Lensa telephoto ini dilengkapi dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x. Kemudian, terdapat fitur Hasselblad Natural Color Calibration.

Mengandalkan sensor warna 13 channel baru untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih natural. Lensa kaca hybrid berupa sensor Sony IMX766 pun digunakan pada kamera utama dan wide.

Tidak hanya itu, Optical Image Stabilizer (OIS) pada Oppo Find X5 Pro 5G sudah mengalami peningkatan dengan hadir lima sumbu baru.

Peningkatan ini diklaim mampu meredam goyangan saat proses pengambilan video maupun foto. Bagi pengguna yang suka membuat video, teknologi terbaru ini akan sangat menguntungkan.

Pengambilan video atau foto dalam keadaan minim cahaya pun tetap bisa dilakukan karena tersedia fitur Ultra Night Video yang bisa merekam video hingga kualitas 4K.

Pada kamera selfie, konfigurasinya 32 MP dengan f/2.4. Kualitas video dan foto 1080p dan gyro-EIS. Fitur panorama juga tersedia untuk kamera depan ini.

Pada kamera belakang juga terdapat fitur panorama atau landscape. Selain itu, banyak fitur lainnya pada kamera Oppo ini untuk mendukung berbagai kegiatan videografi atau fotografi, misalnya XPlande mode.

Tidak berhenti di situ, Oppo juga menggunakan neutral processing unit (NPU) Mari Silicon X hasil produksi perusahaan yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan. Spesifikasi kamera HP ini memang tidak main-main untuk para pecinta fotografi dan videografi.

Hardware

Spesifikasi hardware ini sangat penting untuk diketahui agar pengguna bisa menilai performa dari HP flagship Oppo ini. Operasi sistem yang digunakan pada Oppo Find X5 Pro 5G adalah Android 12 dan dapat ditingkatkan ke Android 13. Dilapisi dengan antarmuka ColorOS 12.1.

Pada bagian chipset menggunakan Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 untuk pasar global dan chipset MediaTek Dimensity 9000 untuk pasar Tiongkok. Jadi, untuk yang rilis di Indonesia menggunakan Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1. Termasuk chipset yang sangat mumpuni untuk berbagai aktivitas berat di HP.

Pada CPU pun berbeda untuk pasar global dan Tiongkok. CPU yang digunakan untuk produk pasar global yaitu Octa-core (1×3.00 GHz Cortex-X2 & 3×2.50 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510).

Sedangkan untuk pasar Tiongkok menggunakan CPU Octa-core Global (1×3.05 GHz Cortex-X2 & 3×2.85 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510). GPU yang digunakan untuk pasar global adalah Adreno 730 dan untuk Tiongkok menggunakan CPU Mali-G710 MC10.

Jika merasa cukup dengan hardware pada pasar global, maka kamu bisa membeli yang rilis di Indonesia, baik offline maupun online. Namun, jika lebih tertarik pada spesifikasi untuk pasar Tiongkok, maka kamu harus membeli dari sana. Bisa melalui jasa titip ataupun pergi secara langsung.

Namun, meskipun hardware yang digunakan berbeda, keduanya tetap bisa mendukung penuh semua fitur unggulan yang ada pada Oppo Find X5 Pro 5G. Hanya salah satunya lebih bagus lagi, tapi bukan berarti yang satunya tidak bagus.

Memori

Dalam mendukung kualitas video dan foto yang bagus serta aktivitas lainnya, Oppo Find X5 Pro 5G menyediakan penyimpanan dengan kapasitas yang besar. Baik RAM dan memori internal menyediakan pilihan yang kapasitasnya sama-sama besar. Tersedia tiga pilihan kapasitas penyimpanan untuk HP flagship ini.

Ketiga pilihan tersebut yaitu RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, RAM 12 GB dan memori internal 256 GB, serta RAM 12 GB dan memori internal 512 GB. Jika merasa kapasitas RAM tidak cukup, kamu bisa menambahkan sementara sampai 3 GB dari memori internal.

Besarnya kapasitas memori yang diberikan membuat Oppo tidak lagi menyediakan slot untuk memori eksternal atau microSD.

Jadi, kamu tidak bisa menggunakan microSD pada HP ini. Tanpa penambahan memori eksternal pun kapasitasnya bisa untuk belasan ribu foto dan video, game yang berat, dan lainnya.

Baterai

Jenis baterai yang dipakai pada Oppo Find X5 Pro 5G adalah litium polimer (Li-Po) dan tidak bisa dilepas. Kapasitasnya sangat besar yaitu 5000 mAh. Sudah dilengkapi dengan fast charging sehingga proses pengisian baterai akan sangat cepat. Pada pengisian baterai dengan kabel, listrik yang digunakan sebesar 80 watt.

Klaimnya pengisian bisa mencapai 50% dalam waktu 12 menit saja. Jadi bisa penuh 100% dalam waktu sekitar 25 menit, bahkan kurang dari setengah jam. Sedangkan untuk nirkabel penggunaan listrik sebesar 50 watt. Beritanya mampu mengisi 100% dalam waktu 47 menit.

Meskipun nirkabel, pengisian 100% kurang dari 1 jam sudah termasuk cepat dan tetap fast charging. Sehingga bagi pengguna yang sibuk dan harus selalu membawa HP, fast charging ini akan sangat berguna karena tidak akan membuang-buang waktu. Ditinggal beberapa kegiatan rumah yang sebentar pun sudah cukup.

Koneksi

Selain radio, spesifikasi koneksi Oppo Find X5 Pro 5G ini sangat lengkap. Pada bagian WLAN, bisa terkoneksi pada WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, WiFi direct, dan dual-band. Bluetooth bisa terkoneksi dengan tipe Bluetooth 5.2, A2DP, Le, dan aptX HD.

Pada fitur penentuan posisi, tersedia GPS (L1), GLONAS (L1), QZSS (L1), BDS (B1l+B1c), dan GALILEO (E1+E5a). Tipe USB menggunakan USB tipe-C 3.1 dan bisa juga untuk USB On The Go (OTG).

Dengan adanya OTG ini, jika kamu mempunyai file di luar memori internal, lebih baik menggunakan flashdisk yang bisa dikirim melalui OTG daripada menggunakan microSD. Sehingga lebih mudah jika ingin memindahkan file atau aktivitas sejenis lainnya.

Fitur NFC

Selain itu, tersedia juga fitur NFC. Fitur NFC ini memang sudah familiar dan banyak terdapat di ponsel-ponsel keluaran terbaru. Namun sudahkah kamu tahu apa itu NFC dan fungsinya untuk apa? NFC ini yaitu singkatan dari Near Field Communication.

NFC ini adalah fitur konektivitas seperti wifi, Bluetooth, dan infrared yang gunanya untuk menghubungkan perangkat dengan sesuatu yang lain pada jarak tertentu. Namun, ada hal spesial pada NFC yang dinilai lebih penting kehadirannya dibandingkan jenis konektivitas lainnya.

Fungsi lain NFC ini yaitu sebagai teknologi untuk transaksi pembayaran non tunai atau e-money. Teknologi ini diciptakan untuk kepentingan periklanan dan industri dalam hal autentikasi, identifikasi, dan pelacakan.

Bahkan pemerintah Indonesia sudah memutuskan sejak tahun 2017 bahwa NFC menjadi teknologi untuk transaksi pembayaran tol. Oleh karena itu, HP keluaran terbaru baik yang mahal maupun murah tersedia fitur NFC ini.

Fitur Lainnya

Oppo Find X5 Pro 5G sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang berada di bawah tampilan dan optik. Selain itu, fitur sensor lainnya ada spektrum warna, kompas, gyro, dan akselerometer.

Tipe speaker sudah menggunakan speaker stereo. Di mana speaker ini sudah banyak dipakai di smartphone di kelasnya.

Tersedia tiga pilihan warna, yaitu blue, ceramic white dan ceramic black. Baik global maupun Tiongkok, untuk pilihan warna sama. Begitupun spesifikasi lainnya pun sama, hanya berbeda di bagian hardware saja.

Harga Oppo Find X5 Pro 5G dalam Rupiah dan Dolar

Terakhir yaitu harga dari Oppo Find X5 Pro 5G. Di Indonesia, HP ini dijual dengan harga sekitar Rp15 juta. Sedangkan dalam bentuk dollar jika kamu ingin membeli di Tiongkok, HP ini harganya $599.19.

Itulah spesifikasi lengkap dari Oppo Find X5 Pro 5G beserta harganya. Saat ini sudah bisa langsung membelinya di toko ritel Oppo secara offline maupun di berbagai marketplace secara online.

Also Read

Bagikan:

hits counter