Spesifikasi Oppo Reno 2 F Lengkap

No comments
Oppo Reno 2 F
Oppo Reno 2 F

Smartphone yang satu ini dirilis sejak Oktober 2019. Oppo Reno 2 F baru dilengkapi dengan teknologi modem 4G. Namun tetap saja teknologi tersebut memungkinkan untuk berselancar di Internet dengan lancar.

Platform yang digunakan oleh smartphone tersebut sudah berupa Android namun pemiliknya dapat melakukan upgrade sampai dengan Android 11. Smartphone Ini juga setelah dilengkapi dengan fitur ColorOS 11.

Apabila kamu ingin membeli smartphone ini penting untuk mengetahui berbagai spesifikasinya. Detail dari spesifikasi dapat kamu ketahui berikut.

Spesifikasi Desain Oppo Reno 2 F

Desain smartphone yang satu ini punya keunikan di bagian kamera. Bagian kamera selfie dapat dimunculkan di atas smartphone. Jika kita melihat kebagian belakang smartphone maka terdapat kamera utama sebanyak 4 macam.

Ukuran dimensi dari smartphone adalah 162,4 x 75,8 x 8,7 mm. Perihal berat masih berada di 195 g.

Bobot yang jelas terlampaui berat dibandingkan smartphone keluaran terbaru. Sebagian besar dari smartphone terbaru punya kisaran berat di 165 gram. Bobot tersebut akan membuat tangan terasa penuh saat menggenggamnya.

Beresiko mudah jatuh kalau kamu hanya mengoperasikan pakai satu tangan. Hanya saja kita perlu bertepuk tangan terhadap keindahan sentuhan desain dari Oppo Reno 2 F.

Desainnya sangat terlihat berkelas dan mencitrakan smartphone mahal. Finishing di setiap sisi body dilakukan secara presisi. Konsep desainnya menggunakan Twilight Mist Iridescent Finishes.

Banyak user yang terpikat dengan sentuhan desain body smartphonenya. Selain itu bagian depan dan belakang sama-sama dilindungi Gorilla Glass 5.

Gorilla Glass 5 sudah dilengkapi dengan proteksi yang lebih kuat dibandingkan dengan seri sebelumnya. Bahkan saat smartphone terjatuh dari ketinggian sampai dengan 1 meter maka potensi smartphone selamat sebesar 80%.

Dapat dikatakan ketahanan sangat baik terhadap permukaan yang tidak rata seperti aspal dan beton jauh. Kemampuan anti goresnya lebih baik dibandingkan Gorilla Glass 4 dan 3.

Bagian body belakang dari smartphone berupa aluminium frame. Kamu bisa menambahkan dua kartu sim yang berupa nano SIM card.

Desain dari keseluruhan gadis smartphone ternilai cukup modern. Meskipun tetap bagian keseluruhan desain masih kalah modern dengan seri Oppo terbaru 2020 ke atas. Hanya saja sekarang kamu bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga yang jauh lebih miring.

Spesifikasi layar Oppo Reno 2 F

Sekarang kita lanjutkan untuk membahas tentang bagian layar dari Oppo Reno 2 F. Seri tersebut memiliki tampilan yang sudah berupa AMOLED.

Layar AMOLED merupakan teknologi yang lebih baru dibandingkan dengan OLED. Kamu dapat melihat warna hitam yang lebih sesungguhnya dan terlihat ketika pertama kali menyalakan smartphone. Keberadaan dari teknologi ini juga memungkinkan untuk menampilkan warna dengan lebih jelas dan jernih.

Kondisi demikian sangat mendukung eksperience dalam bermain game. Cocok bagi para gamers yang sering melakukan live streaming. Smartphone 0,1 inci lebih besar dari rata-rata smartphone keluaran Oppo di tahun 2020 ke atas.

Kamu dapat merasakan bahwa ukuran dari layar sebesar 6,5 inci cukup memuaskan terutama bagi para gamers. Tak hanya bagian layar yang cukup lebar tetapi kamu juga bisa mendapati resolusinya memadai.

Besaran resolusi dari smartphone tersebut adalah 1080 x 2340 pixel dengan perbandingan rasio 19,5 : 9. Sebagian orang menyatakan resolusi begitu sudah cukup besar. Sedangkan sebagian orang yang suka dengan grafik berkualitas lebih menyukai ukuran pixel yang mencapai 2400 x 1080 pixel.

Resolusi sebesar 2400 x 1080 pixel ada pada seri Oppo Reno 4. Resolusi Oppo Reno 2 F belum mendukung penggunaan teknologi FHD maupun QHD. Tetapi tetap cukup nyaman untuk bermain game dengan grafis tinggi.

Pada masa pertama kali dirilis, kualitas dari AMOLED Oppo Reno 2 F banyak diacungi jempol. Namun sekarang teknologi tersebut terlihat biasa saja karena banyak smartphone lain yang lebih baik kualitasnya.

Spesifikasi Kamera Oppo Reno 2 F

Kamu juga perlu mengetahui spesifikasi kamera dari Oppo Reno 2 F. Kamera utama terletak di bagian belakang ada empat macam. Kamera dengan kemampuan paling tinggi sebesar 48 MB dan dilengkapi dengan f/1.7 serta ukuran 26 mm.

Kamera kedua punya kemampuan 8 MB dan sudah dilengkapi dengan f/2.2 serta berukuran 13 mm. Kamera utama ketiga dan keempat berkemampuan 2 MP dengan B/W f/2.4 dan 2 MP f/2.4.

Main camera juga dilengkapi dengan dual-LED flash, panorama, dan juga HDR. Kamu juga dapat merekam video dengan kualitas 1080 pixel yang mampu menangkap 30fps. Kualitas rekaman video yang demikian cocok sebagai rekaman video amatir. Sebaiknya kamu edit kembali hasil rekaman sebelum diunggah ke Youtube maupun Instagram.

Beralih ke bagian kamera selfie dari Oppo Reno 2 F. Selfie-nya hanya memiliki kemampuan 16 MP tetapi didukung dengan Motorizes pop-up f/2.0. Bagian kamera selfie juga telah didukung dengan adanya fitur LED flash dan HDR.

Kamera selfie juga bisa dipakai untuk merekam video dengan kualitas sama terhadap kamera utama. Kualitasnya adalah 1080 pixel dengan 30 FPS.

Fitur Tambahan dalam Oppo Reno 2 F

Kamu juga harus mengetahui berbagai fitur tambahan yang terpasang di Oppo Reno 2 F. Penjelasan lebih detail dari masing-masing fiturnya dapat kamu simak di bawah ini.

1. FM Radio

Sama seperti kebanyakan dari smartphone yang dirilis tahun 2019, Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur FM radio. Setiap kali radio dinyalakan tidak akan menghabiskan kuota internet sama sekali. Jadi berbeda dari live streaming.

2. Fast Charging

Smartphone yang satu ini telah dilengkapi teknologi pengecasan cepat. Kecepatan pengisian baterai dapat mencapai 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Sedangkan pengisian full dapat terlaksana setelah 70 menitan. Pengisian yang cepat dilakukan berkat adanya teknologi Super Vooc 2.0 65W.

3. Fingerprint Unlock

Kamu dapat membuka kunci yang ada di layar smartphone dengan tampilan fingerprint unlock. Cara membuka yang satu ini lebih praktis dibandingkan harus mengetikkan angka password satu per satu. Sangat praktis karena tidak menghabiskan banyak waktu.

4. Accelerometer Sensor

Smartphone juga dapat mendeteksi pergerakan benda. Pergerakan benda yang dimaksud dapat berupa dinamis atau gerakan statis. Tidak heran kamu dapat menggunakan untuk mengukur kecepatan benda.

5. Bluetooth

Kamu juga bisa berkirim file dengan bantuan Bluetooth. Tipe bluetooth yang terpasang berupa 4.2, LE, dan A2DP. Dengan memanfaatkan bluetooth kamu bisa berkirim file tanpa kuota internet.

6. ColorOS 11

Fitur tambahan ini memiiki keunggulan berupa Screen Translate, kustomisasi, dan juga dark mode. Screen Translate mampu menerjemahkan bahasa dengan bantuan Google Lens dan juga Google Translate.

Penerjemahan bahasa yang dapat kamu pilih bisa tidak hanya Bahasa Inggris. Kamu bisa pilih untuk menerjemahkan ke bahasa asing lainnya. Kemudian kustomisasi yang disediakan oleh ColorOS 11 jauh lebih lengkap dibandingkan ColorOS 7.

Contoh dari kelengkapan kustomisasinya adalah adanya Notification drawer, App layout, Edge lightning, Colors, Themes, dan lain sebagainya. Keunggulan terakhir dari ColorOS 11 adalah Dark Mode.

Dark Mode yang tersedia ada 3 macam, seperti Medium, Enhanced, dan Gentle. Kamu bisa memilih dark mode yang paling sesuai dengan keinginan. Semakin tinggi dark mode maka kamu akan menemukan dark mode yang semakin pekat dan terpekat adalah Enhanced.

7. Face Unlock

Fitur yang tak boleh kamu lewatkan untuk coba adalah face unlock. Face unlock sendiri dapat kamu pakai untuk membuka kuncian layar tanpa harus mengetikkan angka password. Cara ini sangat praktis sehingga kamu bisa segera menggunakan aplikasinya.

Spesifikasi Performa Oppo Reno 2

Kamu juga harus mengetahui spesifikasi performa dari smartphonenya. Menjadi semakin urgen ketika smartphone akan dipakai untuk mengoperasikan aplikasi yang berat. Langsung saja kita bahas mengenai spesifikasi performanya.

1. Processor

Chipset dari smartphone yang terpasang berupa Mediatek MT6771V Helio P70. Teknologi Mediatek sangat cocok untuk mengoperasikan multimedia. Multimedia sendiri akan berhubungan dengan grafis juga.

Ukuran dari chipset ini adalah 12 nm yang mana lebih besar dari sebagian chipset Snapdragon. Bukan Snapdragon yang terpasang melainkan Mediatek karena harga dari smartphone ini pertama kali rilis cukup mahal.

Masuk kategori dari smartphone harga menengah ke atas. Tidak heran bila dipasangi dengan chipset Mediatek.

2. RAM

Memori internal dari smartphone sebesar 8 GB atau 16 GB. Kamu bisa pilih RAM yang besar jika memang perlu menggunakan aplikasi berkapasitas besar. Misalkan saja profesi kamu seorang vlogger game, maka tidak masalah pilih yang RAM-nya tinggi.

Walaupun memang RAM tinggi identik terhadap harga lebih mahal. Namun harga mahal tetap sepadan bila kamu bisa menjadi semakin produktif.

3. Penyimpanan

Oppo Reno 2 F menawarkan 2 pilihan kapasitas penyimpanan. Kapasitas penyimpanan pertama sebesar 128 GB. Kapasitas tersebut tergolong cukup besar.

Kamu dapat menyimpan banyak foto, aplikasi, dan juga video. Jika penyimpanan belum cukup kamu dapat memilih smartphone ini dengan kapasitas penyimpanan 256 GB.

Namun memang terdapat sedikit perbedaan harga bila kamu berniat menggunakan kapasitas penyimpanan 256 GB. Perbedaan harga tetapi tidak terlalu signifikan bila ingin menambah jumlah kapasitas penyimpanan.

4. Grafis

Bagian grafis dari Oppo Reno 2 F didukung oleh Mali-G72 MP3. Teknologi ini sangat mendukung mid-range grafis berbasis Android. Pertama kali dikenalkan pada tahun 2018 di MediaTek Helio P60.

Teknologi ini sangat standar digunakan untuk support aplikasi berat. Namun memang teknologi ini tidak seperti GPU yang digunakan oleh Oppo Reno 3 Pro maupun Oppo Reno 5. Hanya saja tetap dapat dinikmati untuk memainkan aplikasi menengah sampai berat.

5. Baterai

Terakhir kamu harus mengetahui spesifikasi performa dari baterai Oppo Reno 2 F. Baterainya sudah merupakan baterai tanam yang terbuat dari Li-Po. Kapasitas penyimpanan baterai cukup standar 4000 mAh.

Smartphone telah dilengkapi dengan kabel charge 20 W. Namun mendukung untuk dipasangi fast charging juga. Usahakan kamu selalu mematikan smartphone ketika memutuskan ingin mengisi baterai.

Fast charging sendiri punya dampak negatif berupa baterai menjadi cenderung lebih panas ketimbang pakai charger bawaan. Itulah mengapa kamu harus selalu mematikan smartphone selagi melakukan pengisian baterainya.

Penutup

Kini kamu sudah memamhami keseluruhan spesifikasi Oppo Reno 2 F. Kamu sudah bisa putuskan untuk membeli atau pilih seri Oppo lain yang lebih baru.

Terlebih lagi harga beli dari smartphone ini berada di kisaran RP 3.900.000-an sampai Rp 4 jutaan. Oppo sendiri memiliki banyak seri yang bisa kamu beli di kisaran harga demikian tetapi punya spesifikasi berbeda.

Also Read

Bagikan:

Tags

hits counter